Baru Serah Terima Jabatan, Kapolres Garut Langsung Gelar “Curhat Jumat” bersama Tokoh Ulama dan Warga

HALO POLISI1,247 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi dan mengimplementasikan Polri hadir ditengah masyarakat serta menampung keluh kesah warga, Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro SH SIK, yang baru serah terima langsung menggelar kegiatan Jum’at Curhat di Mesjid Agung Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Jumat (06/01/2023).

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, selain mempererat silaturahmi dengan para ulama dan tokoh masyarakat, Jum’at Curhat ini dilaksanakan juga dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas agar Kabupaten Garut tetap tercipta dalam keadaan aman dan kondusif.

Kapolres Garut, tokoh ulama dan tokoh masyarakat foto bersama usia acara Jumat Curhat.

“Kegiatan ini merupakan program prioritas Polres Garut Kolaboratif, Adaptif, Solutif, Edukatif dan Presisi (KASEP) sekaligus silaturahmi dengan ulama dan masyarakat dalam rangka menciptakan dan menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Garut. Kita tadi sudah mendengarkan keluhan-keluhan serta masukan dari masyarakat untuk kemajuan pemerintah dan institusi Polri,” kata Kapolres Garut.

Dalam kegiatan tersebut, AKBP Rio tampak mengobrol santai dengan para tokoh agama dan warga terkait kamtibmas. Rio mengatakan, dengan Jum’at Curhat ini sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk bisa benar-benar menjadi pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat.

“Selain akan melaksanakan tugas pokok sehari-hari, kami laksanakan silaturahmi untuk menampung aspirasi dari ulama dan tokoh masyarakat. Jika melihat peristiwa kejahatan dan kejadian yang menganggu situasi kamtibmas, kami harap agar warga segera melapor baik melalui Call Center maupun petugas kepolisian terdekat,” sambungnya.

Seorang perawat ASN dari RSUD dr. Slamet Garut, HM Rofi Garut, apresiasi kinerja Kapolres Garut yang baru menjabat.

Lebih lanjut, Kapolres Garut menjelaskan, bahwa selain Jum’at Curhat, Program Polisi Sambang RW juga akan dilaksanakan oleh jajarannya di beberapa RW maupun Desa yang ada di Kabupaten Garut. Jemaah yang hadir tampak merasa senang karena dapat bertatap langsung dengan kepolisian untuk menyampaikan keluhan dan curhatan terkait kamtibmas yang ada di wilayah hukum Polres Garut.

“Saya dan jajaran mengucapkan terima kasih atas pengaduan masyarakat terkait dugaan adanya aksi premanisme, peredaran Narkoba, Miras, issue LGBT dan lainnya. Insya Allah tentunya akan segera kita tindaklanjut karena kita juga terbantu dengan adanya pengaduan dari masyarakat untuk mempermudah informasi yang kami dapat. Kami berharap masyarakat tetap bersinergi dalam menghadapi perkembangan ini apabila ada permasalahan menonjol segera laporkan dan diantisipasi secara bersama-sama untuk menekan gangguan kamtibmas,” ujar Kapolres Garut.

Ditempat yang sama, KH Aceng Mimar Hidayatulloh yang merupakan ulama, tokoh agama sekaligus Ketua DKM Mesjid Agung Garut sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kapolres Garut yang baru menjabat.

Menurutnya, dengan acara Jum’at Curhat yang dilakukan saat ini warga masyarakat bisa bertatap langsung dengan kepolisian untuk menyampaikan keluhan dan curhatan terkait kamtibmas yang ada di wilayah Kabupaten Garut.

“Ini bagus sekali, kami sangat apresiasi dan tidak menutup kemungkinan, apabila kegiatan ini terus berlanjat, Insya Allah Garut Aman terkendali,” tandas KH Mimar Hidayatulloh.

Pada kesempatan itu, salah seorang perawat Aparatur Sipil Negara (ASN) dari RSUD dr. Slamet Garut, HM. Rofi Nurdin S Kep, Ners, memberikan apresiasi terhadap kinerja Kapolres Garut yang baru menjabat namun namun langsung terjun ke lapangan dan bertatap muka dengan tokoh ulama serta masyarakat.

“Sangat senang, dengan adanya kegiatan Jum’at Curhat ini kita dapat bertatap muka langsung dengan bapak Kapolres yang baru dan bisa menyampaikan tujuan untuk mengetahui permasalahan dan kendala yang dialami oleh warga dalam aktifitas sehari-hari, semoga beliau senantiasa diberikan kesehatan dalam mengawali tugasnya di Kabupaten Garut,” pungkas HM. Rofi. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *