Dinobatkan Jadi Duta Bela Negara, Mahasiswi Cantik dan Berprestasi Asal Cikajang Garut ini Siap Bergabung dengan Penggiat Anti Narkoba GANNA

FOKUS1,444 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Mahasiswi berprestasi dari Karsa Husada Garut, Yuanita Putri (20), mewakili Kabupaten Garut resmi dinobatkan sebagai Duta Bela Negara yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan pemilihan Duta Bela Negara diikuti pelajar dan mahasiswa yang merupakan perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Selama pelaksanaan acara, peserta Duta Bela Negara diberikan materi terkait wawasan kebangsaan, nasionalisme, bela negara, lingkungan hidup, serta kepemimpinan.

Yuan, puteri pasangan dari Mamat Hidayat dan Ayi Rohanah ini mengaku senang dan bersyukur bisa terpilih dalam ajang bergengsi tersebut. Ia berharap dengan adanya Duta Bela Negara bisa menjadikan tetap satu dalam artian tidak ada pertikaian, karena sesuai dengan salah satu empat pilar kebangsaan Bhineka Tunggal Ika. Tujuan kegiatannya, kata Yuan, yaitu untuk membentuk karakter, melatih cara berpikir sebagai seorang duta bela negara.

“Alhamdulillah perasaan saya senang, karena suatu kebanggaan yang mana butuh perjuangan untuk sampai di titik saat ini. Kegiatan tersebut memberi pembekalan kepada kami para Duta Bela Negara tentang toleransi dan moderat, nasionalisme, cara komunikasi yang efektif dan kegiatan di lapangan belajar sambil bermain dengan metode Experential Learning berdasarkan pengalaman masing-masing,” ungkap Yuanita Putri kepada hariangarutnews.com, Selasa (20/12/2022).

Yuanita Putri mewakili Kabupaten Garut dinobatkan menjadi Duta Bela Negara Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Dikatakan Yuan, dirinya termotivasi mengikuti Duta Bela Negara ini karena prinsip yang selalu Ia pegang yakni “Seseorang mencintai negara mereka bukan karena negara itu hebat, tetapi karena itu adalah milik mereka sendiri”. Dengan menjadi Duta Bela Negara, imbuhnya, tentunya ini sebuah usaha untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

”Bangga dan beruntung sekali bisa bergabung dengan orang hebat dari berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan harapan kedepannya bisa mensosialisasikan nilai bela negara dan bisa ikut serta dalam memecahkan permasalahan di masyarakat yang berhubungan dengan bela negara tentunya,” ucap Yuan yang tinggal di Kampung Cibubuay, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang tersebut.

Saat ditanya siap bergabung menjadi Duta Relawan Penggiat Anti Narkoba dengan Yayasan Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA), Yuan mengaku merasa terhormat karena peran strategis yang dimiliki oleh relawan terhadap kelangsungan hidup bangsa akan mampu menjadi garda terdepan dalam menangkap peluang untuk melakukan berbagai upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), katanya.

“Masya Allah, suatu kehormatan bagi saya dapat bergabung dengan Duta Anti Narkoba GANNA. Insya Allah pesan pak Gubernur Ridwan Kamil agar para duta bela negara dapat menularkan ilmu dan wawasannya yang didapat selama mengikuti camp bela negara, minimal di lingkungan terdekat, bisa saya implementasikan bersama pengurus GANNA lainnya,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Garut, yang juga Ketua Kwarcab Kabupaten Garut, dr Helmi Budiman menuturkan, para Duta Bela Negara ini diharapkan membuat acara serupa di lingkungan masyarakat mulai dari tingkat RT/RW sehingga dapat menumbuhkan jiwa bela negara melalui kegiatan yang memang diselaraskan dengan gayanya.

“Poin pentingnya kita harus menjaga NKRI dan Ideologi Pancasila, merekalah anak-anak muda yang jadi duta kita di masa yang akan datang. Jadi, kami serahkan kepada mereka, yang terpenting rasa persatuan NKRI tetap terjaga,” ujar Helmi melalui selulernya.

Berikut prestasi yang pernah dicapai Yuanita Putri :

1. Ajudan Milenial Bupati Garut Tahun 2022
2. Ajudan Milenial Wakil Bupati Garut Tahun 2022
3. Duta Kesehatan Indonesia Tahun 2022
4. Duta Bela Negara Jawa Barat Tahun 2021
5. Pemuda Prestasi Bidang Pendidikan dan Literasi Kabupaten Garut Tahun 2021
6. AS Brand Ambassador Kebahagiaan Pendidikan Tahun 2022
7. Juara 2 Lomba Essai Kependidikan Tahun 2021
8. Juara 1 Top Education Speaker Tahun 2021
9. Finnalis 10 Besar Lomba Pidato Kependudukan Tahun 2020
10. Juara 2 Monolog FLS2N Kabupaten Garut Tahun 2019
11. Juara Harapan 2 Monolog FLS2N Kabupaten Garut Tahun 2020
12. Juara 3 Lomba Debat Rampes Garut
Mayorete Marching Band SMAN 4 Garut Tahun 2019/2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *