Secara Aklamasi, Adis Kembali Nakhodai IPSI Kabupaten Garut Periode 2022-2026

FOKUS1,101 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Garut menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab), Kamis (08/2022/2022) di Sekretariat IPSI Kabupaten Garut Jalan Proklamasi, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul. Dalam acara tersebut, secara aklamasi Muskab menghasilkan nama Agus Mulyana yang terpilih sebagai Ketua IPSI Kabupaten Garut untuk periode 2022-2026.

Musyawarah ini dibuka oleh Ketua IPSI Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi, Asep Hendra, serta dihadiri pengurus lainnya di Tingkat Provinsi, Bidang Organisasi KONI Kabupaten Garut, Deden Erlis, Pengurus IPSI Kabupaten dan Kecamatan, Ketua Panitia Muskab IPSI Garut, Dadang Taswan dan para sesepuh Silat Garut. Selain itu, juga dihadiri sejumlah ketua perguruan silat yang ada di Garut.

Ketua Panitia Muskab IPSI Garut, Dadang Taswan mengatakan, kegiatan Muskab yang digelar bertujuan untuk menilai dan mengevaluasi kinerja kepengurusan periode 2018-2022, menyusun program kerja dan memilih ketua periode 2022-2026 yang diikuti peserta delegasi dari pengurus IPSI Kecamatan dan seluruh perguruan yang ada di Garut.

Ketua IPSI Kabupaten Garut Periode 2018-2022 membacakan LPJ dan pandangan umum sebelum dimulai pemilihan.

Setelah sebelumnya melaksanakan pleno dan membacakan Tata Tertib (Tatib) Muskab, Dadang menyampaikan, setelah melakukan mekanisme musyawarah yaitu rapat pleno menghasilkan kesepakatan dengan cara aklamasi yaitu mengangkat Ketua IPSI Kabupaten Garut sebelumnya untuk dipilih kembali menjadi Ketua IPSI Kabupaten Garut Periode 2022-2026.

“Berhubung kepengurusan IPSI Kabupaten Garut telah masa purna tugas dengan masa kepengurusan Tahun 2018-2022 maka kami menggelar Muskab yang dihadiri oleh 13 pengurus IPSI Kecamatan dan 46 perguruan. Karena dalam Muskab hanya ada satu calon tunggal yaitu ketua IPSI sebelumnya, maka Muskab dilaksanakan dengan aklamasi. Semoga amanah ini dapat diemban dengan memberikan prestasi yang lebih meningkat dari masa sebelumnya,” tutur Dadang Taswan.

Muskab IPSI dihadiri para Ketua dan pengurus perguruan se-Kabupaten Garut.

Ketua IPSI terpilih, Adis, sapaan akrab Asep Mulyana yang juga menjabat Ketua IPSI sebelumnya di periode 2018-2022 dalam sambutannya mengatakan, pencak silat bukan hanya sebagai olahraga prestasi saja, namun merupakan warisan budaya dari leluhur yang patut dipertahankan dan terus di kembangkan lagi.

“Selama ini IPSI Garut sudah banyak memberikan kontribusi kepada KONI dan Pemkab Garut. Saya berharap perguruan-perguruan silat di Garut tetap saling berkoordinasi dan bahu-membahu membesarkan IPSI, silahkan kritik selama itu membangun. Kedepan kita akan terus mempersiapkan pelatih nasional untuk mencetak atlet-atlet agar bisa berlaga di tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” ungkap Adis.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Ketua Bidang Organisasi IPSI Jawa Barat, Asep Hendra, sekaligus sebagai Ketua IPSI Kabupaten Bandung Barat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya Muscab IPSI.

“Musyawarah dapat berjalan baik, dan dipilih pengurus yang baik untuk mengembangkan dan membesarkan IPSI Kabupaten Garut. Ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk memajukan prestasi dalam cabang olahraga pencak silat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Asep menyampaikan, bahwa kegiatan Muskab IPSI Garut ini harus dijadikan media silaturahmi dan sebagai wahana pendidikan demokrasi yang aspiratif. Dia berharap dengan terpilihnya kembali Ketua IPSI Garut, nantinya dapat membawa kemajuan bagi Pencak Silat dan mengembangkan prestasi para atlet sehingga mampu mengharumkan nama Garut dan Jawa Barat di kancah nasional maupun internasional.

“Saya juga berharap kepada pengurus IPSI nanti dapat berlaku adil dalam melaksanakan tugas dengan baik dalam menaungi seluruh perguruan yang ada. Mari kita semangat untuk terus memberikan yang terbaik dalam dunia olahraga khususnya pencak silat,” pungkas dia. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *