Wakil Bupati Garut Apresiasi Keaktifan Kader Posyandu dalam Program Bulan Imunisasi Anak Nasional

FOKUS, GARUT KOTA501 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Garut hingga kini terus digenjot dalam pencapaiannya, namun secara komulatif belum ada laporan secara resmi dalam capaiannya. Akan tetapi progres yang dilakukan

“Belum ada (laporan), tapi saya lihat di lapangan sangat progresif. Sangat aktif kader-kader posyandu dan petugas kesehatannya ketika saya lihat di lapangan. BIAN ini kan harus melibatkan banyak pihak juga, bukan hanya petugas kesehatan, termasuk peran orang tua,” ujar Helmi.

Saat dirinya datang ke posyandu tempat imunisasi, antusias masyarakat sangat besar dalam menyambut bulan imunisasi nasional.

“Target imunisasi itu rata-rata di atas angka 90 persen (95 persen). Beda dengan Covid-19 yang target diatss 70 persen yang tiga kali vaksin itu. Nah kalau yang ini (BIAN), capaiannya diatas 90 ada yang 95, 98 (persen). Karena ini kaitan dengan Herd Immunity,” terangnya.

Menurutnya, kalau misalkan dibawah target Herd Immunity, artinya akan ada lagi (wabah penyakit), muncul lagi. Ia juga menyebutkan, secara teknis pelayanan BIAN oleh dinas kesehatan. Namun Pemkab menginginkan capaiannya diatas 90-95%.

“Syukur-syukur 100 persen, kalau saya inginnya 100 persen. Kaya kemarin penimbangan sampai 98 persen, hampir 100 persen pengukuran itu. (pokoknya) diangka segitu lah, karena Herd Immunity, kan beda-beda, ada Campak, Difteri, Herd Immunity-nya beda-beda angkanya. Angka aman di 98 (persen),” kata Wakil Bupati.

Ketua PKK Kelurahan Kota Wetan Garut Kota, Sinta Amelia dan Kader saat kunjungi posyandu pelaksanaan BIAN

Terpisah, Lurah Kota Wetan Galih Mawariz SE SIP M Si, mengatakan, sesuai arahan Bupati dan Wakil Bupati Garut, hingga kini pihak kelurahan terus berupaya mendorong suksesnya program BIAN untuk mengejar target yang diharuskan.

“Kita saat ini masih terus memantau tiap lokasi posyandu dalam pelaksanaan BIAN ini. Kalau melihat antusias masyarakat, mudah-mudahan segera tercapai targetnya,” kata Galih.

Hal senada Lurah Regol Wahyudin, yang menyebutkan bahwa target capaian di wilayah kelurahan yang dipimpinnya mencapai 90,7 %. Sementara, Lurah Pakuwon, Yoyo, mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan BIAN, kelurahan akan terus mendorong petugas dari dinas kesehatan yang dibantu oleh kader posyandu untuk percepatan target yang diharapkan. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *