Dinas Perkim Garut Data Kerugian Bencana Alam di 14 Kecamatan

FOKUS828 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kerugian dampak bencana alam banjir dan tanah longsor di 14 kecamatan Kabupaten Garut pada Jumat (16/07/2022) lalu diperkirakan mencapai ratusan hingga miliar rupiah. Perkiraan kerugian dampak bencana ini dilihat dari beberapa aspek, di antaranya kerusakan rumah warga, fasilitas umum, seperti jalan dan jembatan serta fasilitas lainnya. Jumlah ini akan bertambah, karena sedang dilakukan penghitungan dan kajian di lapangan.

Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) mengestimasi kerugian dampak bencana banjir di 14 Kecamatan.
Puluhan rumah diperkirakan mengalami rusak berat dan ringan.

“Kami masih melakukan pendataan. Estimasi kerugian diperkirakan hingga miliaran rupiah. Rumah-rumah tersebut sebagian besar milik sendiri dan ada juga rumah yang milik orang lain. Itu perkiraan sementara dari kerusakan yang ditimbulkan, baik rumah, maupun fasilitas jembatan dan lainnya,” ungkap Kepala Dinas Perkim Kabupaten Garut, Ahmad Maulana, Senin (18/07/2022).

Diungkapkannya, rumah-rumah tersebut diantaranya rumah permanen, semi permanen, dan sisanya non permanen.

“Sebagian besar kerusakan karena hanyut terbawa aliran sungai ada juga dinding yang terbuat dari bahan kayu dan tripleks. Beberapa rumah kategori permanen juga ada. Kerusakan rumah kebanyakan karena tergenang air dan lumpur,” jelas Kadis Perkim. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *