BPBD Sebut Risiko Bencana di Garut Sudah Mencapai Multi Hazard

FOKUS457 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menggelar Rapat Teknis Penyusunan Kajian Risiko Bencana (KRB) di Aula Kantor BPBD Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (13/07/2022).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Garut, Satria Budi mengatakan, adanya KRB ini diharapkan dapat menjadi sebuah pedoman untuk langkah Pemerintah Kabupaten Garut bila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan mengenai bencana, sehingga dapat bergerak sesuai arahan kajian.

Ia memaparkan, risiko bencana di Kabupaten Garut sudah mencapai multi hazard, dimana Kabupaten Garut memiliki potensi geografis bencana yang lengkap, sehingga bisa mengancam terjadinya bencana.

“Kalau risiko bencana di Garut, multi hazard. Multi hazard dalam artian segala bentuk bencana ada mulai dari banjir, longsor, angin puting beliung, gunung berapi, tsunami,” ucapnya.

Menurutnya, kajian ini dalam rangka membuat regulasi yang akan menjadi sebuah tuntunan ketika terjadi sebuah bencana untuk menentukan langkah-langkah koordinasi, koordinatif serta memperkuat kapasitas masyarakat.

“Supaya ketika ada bencana, minimal tidak ada yang meninggal atau minimal ketika ada langkah-langkah antipasi bencana, langkah apa yang mesti kita laksanakan sudah tertuang dalam kajian ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *