Pelayanan di RSUD dr. Slamet Garut Terus Ditingkatkan, Kabid TU : Kami Beda dengan Dinas Lain

FOKUS1,513 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Upaya memberikan kenyamanan kepada para pengunjung terus dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut. Salah satunya yakni dengan terus berinovasi dalam penambahan sarana dan prasarana. Misalnya saat ini pihak RSU sudah melakukan renovasi ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) dan beberapa ruangan di rumah sakit pelat merah tersebut. Termasuk sarana lain yang dianggap urgen dan mendukung kenyamanan pasien dan pengunjung. Renovasi itu dilakukan secara berkala, baik kerusakan kecil maupun besar.

Direktur RSUD dr. Slamet, dr Husodo Dewo Adi melalui Kepala Bidang Tata Usaha RSU dr Slamet, Adang Mesa menjelaskan, renovasi itu dilakukan secara berkala, baik kerusakan kecil maupun besar, juga sering melakukan perbaikan kepada fasilitas, ruangan maupun alat kesehatan (alkes). Sebab menurut Adang, ukuran perbaikan pelayanan publik adalah dimana pemerintah dapat hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Istilahnya pemeliharaan rutin atas fasilitas yang ada. Kebetulan pemeliharaan di RSU tidak sama dengan dinas lain, karena untuk dilakukan pemeliharaan bangunan, harus menyiapkan dulu bangunan lain sebagai penampung pasien yang ada. Jika kita tutup dulu sebagian tidak bisa menerima pasien, kasihan masyarakat yang sakit,” kata Adang Mesa kepada hariangarutnews.com, Jumat (10/06/2022).

Bahkan, sambung dia, dalam sebulan terkahir, rumah sakit pelat merah ini sudah melakukan renovasi sejumlah fasilitas. Salah satunya di bagian IGD. Ini, kata Adang, sejalan dengan praktek bisnis yang sehat, untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh Kepala Daerah.

“Semuanya perlu ada pembenahan. Sebab, ruangan yang nyaman juga menentukan pelayanan yang maksimal. Saat ini juga sedang melakukan renovasi di ruang Jade. Intinya, semua bangunan pasti di rehab atau dalam kapasitas pemeliharaan. Namun itu harus berdasarkan skala prioritas dan atensi atau saran dari pihak BPJS,” ucapnya.

Adang Mesa mengungkapkan, selain renovasi ruangan, RSU dr Slamet juga
saat ini terus memantapkan berbagai persiapan, baik berkaitan dengan persyaratan administrasi, maupun sarana dan prasarana penunjang rumah sakit. Sehingga, akan memberikan pelayanan maksimal.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan umum secara lebih, efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab, dengan melihat azas keadilan, kepatutan dan manfaat. Juga sebagai upaya pengelolaan RSUD dr. Slamet menjadi BLUD juga sebagaimana amanah dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 tahun 2018 tentang BLUD. Nah, itu yang terus kami tingkatkan dan selalu berikhtiar untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Garut,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *