Bhabinkamtibmas Sukahati Cilawu Garut, Sosialisasi Pencegahan PMK kepada Pemilik Ternak Sapi

HARIANGARUTNEWS.COM – Bhabinkamtibmas Desa Sukahati, Kecamatan Cilawu, Aipda Dedi Supriatna SH, melaksanakan sosialisasi penanggulangan dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku yang baru-baru ini menyerang hewan ternak domba dan sapi. Sosialisasi digelar di Kampung Waaskincir RT 03/02 Desa Sukahati, Senin (16/05/2022).

Bhabinkamtibmas Desa Sukahati, Aipda Dedi Supriatna SH menyebutkan, sosialisaisi yang dilakukan dalam upaya pencegahan merebaknya PMK, pada hewan ternak sapi perah milik salah seorang warga.

“Didampingi pak Ketua RT, Pak Maman, kita sosialisasi kepada pak Dede pemilik Sapi Perah,” ujar Dedi.

Sosialisasi yang disampaikan kata Aipda Dedi, yakni tentang kebersihan kandang. Untuk pencegahan membuat cairan disinfektan sendiri berupa cairan sabun, detergen dan lainnya, kemudian disemprotkan ke sekitar kandang.

Selanjutnya, kata Dedi, pisahkan hewan ternak yang sakit (yang sudah terjangkit) dengan hewan ternak yang lainnya. Laporkan kepada Bhabinkamtibmas jika hewan peliharaannya sakit seperti terkena PMK yaitu mulut dan hidungnya mengeluarkan lendir dan kukunya luka atau lainya.

“Harus selektif jika ingin menambah hewan peliharaannya yang dibeli dari luar, belilah hewan ternak dari luar yang sehat,” pungkas Dedi. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *