Berpartisipasi Konkrit Jelang HUT Ke-9, Dewan Redaksi Harian Garut News Ajak Wartawan Wujudkan Media Sebagai Pilar “The Fourth Estate”

FOKUS713 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Penyambutan hari ulang tahun bagi organisasi apapun maka akan mengandung dua makna yang sangat esensial. Pertama, bermakna peringatan yang bersipat ke dalam, dalam rangka evaluasi, intropeksi untuk sadar akan keberadaan jati dirinya sebagai referensi untuk kedepan yang lebih baik. Kedua, bermakna perayaan yang dikandung maksud sebagai suatu pengamatan bahwa hari itu adalah hari jadinya sebagai sejarah tanggal keberadaannya.

Demikian diungkapkan Dewan Redaksi Harian Garut News, sekaligus Pimpinan Yayasan Royal Amartha Nusantara, BRM. Dimas Bayu Amartha, jelang redaksi Surat Kabar dan Media Online Harian Garut News menggelar acara Launching Logo HUT HGN Ke-9 dan keramasan menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1443 H di Puncak Darajat Pass, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Sabtu (26/03/2022). BRM Dimas Bayu menyampaikan, tema “Mewujudkan Media Berkeadaban dalam Pemulihan Pandemi Covid-19” sangat releven dengan kondisi saat ini.

BRM Dimas Bayu, yang juga seorang wartawan senior di Yogyakarta dan Ketua Umum Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) Indonesia ini, mengingatkan tentang peran sentral insan pers sebagai watchdog (anjing penjaga) dari demokrasi. Dia menyebutkan, Watchdog Journalism merupakan perwujudan media sebagai pilar atau kekuatan keempat (the fourth estate) setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Paradigma media yang netral, independent dan profesional merupakan langkah yang sangat positif untuk kita jalani. Semoga diusia yang Ke-9 ini, kita selalu terdepan dalam menyajikan berita-berita paling aktual, cepat, dan terpercaya. Juga terus menjadi referensi informasi yang inspiratif dan memperkuat optimisme, serta mampu berperan aktif sebagai sarana informasi di lingkungan sosial masyarakat maupun menjadi kontrol sosial dalam reformasi birokrasi yang tengah berjalan, karena pemerintah membutuhkan kritik serta masukan dari insan pers dalam menjalankan kebijakan,” ungkapnya, Jumat (25/03/2022).

Di tengah situasi ancaman pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Ia berharap, seluruh peringatan Hari Jadi Ke-9 pada 27 Juni mendatang, menjadi momentum meningkatkan kesadaran dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tak ketinggalan, sebagai bentuk dukungan dari Dewan Redaksi, BRM Dimas Bayu Amartha juga turut berpartisipasi menyumbangkan uang tunai untuk acara kegiatan dalam rangkaian HUT HGN Ke-9 yang akan digelar pada Sabtu (26/03/2022) esok.

“Karena doa saja tidak cukup. Semua orang menggerakkan doa, ya saya kira semua berdoa. Tapi doa yang konkrit ini kita wujudkan dengan partisipasi, berapapun yang kita punya, sebagai wujud bentuk dukungan. Semoga pula momentum istimewa ini bisa mematangkan diri, terus berkarya, semakin kreatif dan inovatif. Wartawan Harian Garut News harus konsisten memainkan peranan sebagai pengawas pemerintahan dan masyarakat demi kepentingan publik dengan menyajikan pemberitaan yang objektif dan faktual. Terakhir, dalam menyambut bulan suci ramadhan ini marilah kita saling memaafkan kesalahan yang pernah kita perbuat. Salam semangat dan sukses buat rekan-rekan di Garut,” pungkasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *