Bersama Rumah Sakit Pameungpeuk, PMI Kabupaten Garut Gelar Donor Darah

FOKUS609 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Garut khususnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Garut bersama Rumah Sakit Pameungpeuk Garut (RSPG), gelar kegiatan donor darah, Selasa (15/03/2022).

Direktur RSPG, dr. Lulu Fahrizah Balqis, Sp Pk, M Kes, menuturkan, bahwa kegiatan donor darah sangat memang harus dilakukan dalam upaya memenuhi kebutuhan stok untuk transfusi kepada pasien di rumah sakit.

“Sangat membantu untuk pasien-pasien kami yang saat ini ada klinik talasemi, pasien yang membutuhkan darah di ruang operasi, pasien bedah,” ujar Direktur RSPG.

Diharapkan dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan, PMI atau rumah sakit bisa melayani kebutuhan darah untuk pasien.

“Alhamdulillah, stok darah sampai detik ini tidak pernah kekurangan,” ucapnya.

Lulu menyebutkan, kegiatan donor darah di RSPG ini sejak tahun 2017, pihaknya terus rutin dilakukan, dua kali dalam sebulan dan pendonor adalah warga di sekitar Pameungpeuk yang bisa mencapai 100 labu.

“Untuk donor hari ini kita tidak mentargetkan, tapi selalu diatas 80 labu. Alhamdulillah kami memiliki kader selalu rajin mengajak masyarakat untuk datang ke Rumah Sakit Pameungpeuk setiap kali ada donor darah, dan mereka itu saat membawa masyarakat berbondong-bondong,” kata dr. Lulu.

Kabag P2D2DS PMI Kabupaten Garut, Deden Kustandi, menyampaikan ucapan terima kasih atas antusias warga masyarakat yang telah mendonorkan darahnya.

“Alhamdulilah pendonor antusias cukup banyak, kebetulan dari warga Mancagahar dengan penggeraknya Hj Nia, mudah-mudahan sesuai targe 150 kantong tercapai,” harapnya.

Menurutnya, kebutuhan stok darah sampai saat ini sangat di butuhkan bahkan kondisinya kekurangan. Hal ini juga dampak dari Pemberlakuan PPKM, tidak adanya kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

“Anak-anak SMA dan Fakuktas diberlakukan daring, jadi otomatis kegiatan yang sudah ada mundur semua,” ungkap Deden.

Bersyukur, imbuh dia, untuk Kegiatan donor darah di RSPG mencapai donasi 134 labu dari 143 Orang pendaftar.

“Kami berikan Piagam Penghargaaan untuk RSPG dari PMI Kabupaten Garut, supaya menjadi motivasi lebih baik dan pesat lagi dalam kegiatan donor darah,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *