Warga RT02 Kampung Cigaluh Desa Mekarsari Kompak Bangun Poskamling, Ini Pesan Kasat Binmas Polres Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan keamanan, ketentraman, dan kenyamanan lingkungan, Ketua RT dan tokoh masyarakat bersama warga, secara swadaya dan bergotong-royong membangun dan mendirikan Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) di Jalan Soeparno, RT02/05, Kampung Cigaluh, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Senin (28/02/2022). Pembangunan poskamling ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan keamanan lingkungan di wilayah setempat. Warga tampak bahu-membahu mengerjakan Poskamling.

Ketua RT02/05 Desa Mekarsari,  Iman mengatakan, poskamling dibangun untuk memberikan rasa aman warga dalam menciptakan kondusifitas khususnya di lingkungan wilayah RT02/05, tentunya dengan berjaga malam yang dilakukan secara bergiliran. Dikatakan dia, warga antusias dalam menjalin kerjasama bergotong-royong membangun poskamling.

“Kita bangun poskamling secara swadaya oleh warga di wilayah RT02. Warga sumbang berupa uang tunai, kayu, genteng, paku dan lainnya. Pembangunan poskamling ini sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan warga terkait keamanan lingkungan, Karenanya keberadaan poskamling tersebut sangat mutlak diperlukan di masyarakat. Dengan adanya poskamling tentunya kita dapat minimalisir kriminalitas di lingkungan,” ungkap Ketua RT Iman kepada hariangarutnews.com.

Sementara, tokoh masyarakat Desa Mekarsari yang juga Ketua Panitia Pembangunan Poskamling tersebut, Leo Amiloedin mengatakan, pembangunan poskamling ini merupakan kesepakatan dari warga di lingkungannya. Dengan dasar di wilayahnya belum memiliki bangunan khusus sebagai tempat berkegiatan. Begitu juga dengan sistem keamanan lingkungan, yang menurutnya belum begitu maksimal karena belum memiliki pos jaga. Usai poskamling ini selesai dibangun, Leo menerangkan akan mengatur jadwal ronda malam secara bergiliran.

“Kami sangat bersyukur tentunya. Karena poskamling ini sangatlah penting untuk mengatasi terjadinya tindak kejahatan di lingkungan kami. Kita aktifkan kembali rondanya, nanti bisa empat atau lima orang setiap malam yang akan ronda malam. Kami juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga atas partisifasinya, baik yang memberikan sumbangan berupa materi maupun tenaga, semoga keamanan dan kenyamanan di wilayah kita semakin baik,” kata Leo kepada awak media.

Kepala Desa Mekarsari, Ahmad Sadli, yang turut membantu pembangunan poskamling di RT02, mengapresiasi kegiatan warganya di lapangan. Meski ditengah kesibukan menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, Ahmad menyempatkan diri turut serta bergotong royong dalam aktivitas tersebut.

“Alhamdulillah berjalan dengan baik. Warga juga semangat yang artinya itu menandakan kesadaran warga terhadap lingkungan semakin meningkat. Keberadaan poskamling ini sangat penting untuk menangkal ancaman dan gangguan keamanan yang dapat merugikan warga. Kedepan, manfaat dari poskamling adalah untuk kepentingan masyarakat itu sendiri, bisa sebagai pusat informasi bencana alam, kebakaran dan lainnya,” tandas Kades Mekarsari, Senin (28/02/2022).

Terpisah, Kasat Binmas Polres Garut, AKP. Didi Sutardi SH mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada masyarakat RT02/05 Desa Mekarsari yang dengan kesadarannya sudah membangun poskamling. Ini menunjukkan kalau keamanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Kasat Didi berharap dengan berdirinya Poskamling ini diharapkan betul-betul dimanfaatkan oleh warga terutama dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Dengan kebutuhan tersebut, kelompok-kelompok masyarakat ini secara sukarela meningkatkan keamanan dilingkungan masing-masing dengan membangun poskamling. Dengan adanya poskamling-poskamling ini, kami akan membentuk sistim keamanan yang mempercepat informasi sehingga penanganan juga bisa lebih cepat dan mencegah hoax (berita bohong) karena langsung dari sumbernya. Dengan berdirinya poskamling ini juga, tentunya warga harus aktif untuk ronda dan harus berkomitmen saat tiba jadwalnya piket ronda maka harus datang,” pungkas Kasat Binmas Polres Garut. (Jep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *