Evaluasi Kinerja Pendamping, PLD Se-Kabupaten Garut Ikuti Rapat Koordinasi

FOKUS, GARUT KOTA1,832 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka mengevaluasi kinerja para Tenaga Pendamping Profesional (TPP), seluruh Pendamping Lokal Desa (PLD), hari ini, Jum’at (26/11/2021) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Aula Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja seluruh PLD yang ada di Kabupaten Garut agar dapat bekerja secara profesional dalam mendampingi desa-desa yang menjadi wilayah dampingannya.

Kabid Pemdes DPMD Garut, Fahmi Fauzi S STP M Si, saat menghadiri acara

Dalam sambutannya, Koordinator TPP Kabupaten Garut, R. Farham Zamzami mengatakan, dalam 1 tahun 2 kali persemester dan evaluasi kinerja dilakukan perbulan oleh supervisor diatasnya. Jadi ketika PLD itu dievaluasi oleh Pendamping Desa (PD), PD dievaluasi oleh Tenaga Ahli (TA) dan TA dievaluasi oleh provinsi.

“Jadi disini temen-temen kita sebagai pendamping profesional dituntut keprofesionalan kita di dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan ini. Kami dari jajaran TA tidak mau lagi ke depan ada dari desa ada laporan bahwa pendamping yang tidak pernah datang ke desa,” papar Farham.

 

Lebih lanjut Farham menyampaikan, bahwa tenaga pendamping profesional harus bekerja seprofesional mungkin dalam mendampingi warga masyarakat desa dalam hal ini dalam pendampingan dana desa.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk tahun 2022 secara program aman, karena pendamping ini, mulai dari TA sampai PLD itu kontraknya pertahun.

“Jadi untuk 2022 kita secara program aman, insyaallah program pendamping desa ini masih ada akan tetapi secara personal kita belum tentu aman tergantung pada evaluasi kinerja yang dilakukan. Karena apa, Kementerian Desa pun tidak mau untuk mengontrak ataupun menerima pendamping yang kinerjanya jelek,” tandasnya. (Ricky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *