Dihadiri Wakil Bupati dan DPRD, Dandim 0611 Garut bersama GM FKPPI Gelar Penanaman Pohon di Limbangan

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam kehidupan manusia tidak bisa lepas dengan keberadaan pohon dan penghijauan dan begitu pula sebaliknya masing-masing dari keduanya peran yang sangat penting dalam menjaga lingkungan itu sendiri. Karena adamya pepohonan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, bersama GM FKPPI 101107 Rayon Bl Limbangan, gelar penyelengaraan dan pembinaan lingkungan hidup tahun 2021 dengan tema “Sinergi dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan”. Kegiatan juga bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional tanggal 10 Nopember 2021.

Acara di gelar di Kampung Cileunca RW O6, daerah perkebunan pegunungan Sangiang, Desa Ciwangi Kecamatan Balubur Limbangan Kabupaten Garut. Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Kepala Dinas Pertanian, Beni Yoga Gunasantika, anggota TNI Kodim 0611 Garut, anggota DPRD Garut, Fraksi PKB, H Romli, Forkopimcam Limbangan, GM FKPPI 101107 Rayon Bl Limbangan, Babinsa, Kepala Desa Ciwangi, Marpu, Ormas dan aktivis pecinta alam.

Dandim 0611, Letkol Czi, Dr Deni Iskandar, menuturkan, program penyelenggaraan dan pembinaan lingkungan hidup di Desa Ciwangi ini, TNI AD dan bekerja sama dengan instansi terkait, semua tokoh masyarakat, bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan sumber daya air.

“Serta upaya membantu kesulitan masyarakat dengan sasaran mencegah terjadinya erosi, seperti bencana alam, tanah longsor dan kekeringan di saat musim kemarau,” tutur Dandim.

Masih kata Dandim, program penghijauan penanaman pohon ini dilaksanakan sebagai upaya membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam khidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga terwujudlah ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan atau hambatan dan tantangan.

‘Program penghijauan penanaman pohon ini diharapkan benar-benar dapat menjawab aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan yakni aspirasi untuk mengangkat derajat kehidupan yang menjadi lebih baik. Karena dengan program ini disusun dan direncanakan dengan melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Keberhasilan pelaksanaan penghijauan dan penanaman pohon ini, imbuh Dandim, sangat ditentukan oleh koordinasi dan kerjasama yang erat dari semua instansi dan pihak terkait, maka dari itu sangat diperlukan dukungan dan partisipasi aktif seluruh masyarakat.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr Helmi Budiman, menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0611 Garut, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada dalam rangka pembinaan lingkungan hidup dengan gelar penanaman pohon.

“Kami dari pemerintahan sangat sangatlah apresiasi kegiatan yang sangat baik ini,” ucap Helmi.

Wabup berpesan, kepada semua pihak terkait dari mulai unsur pemerintahan setempat dan para tokoh masyarakat, agar selalu merawat penanaman pohon dan penghijauan tersebut dengan sebaik mungkin.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, mengatakan, pihak dinas pertanian mendukung sepenuhnya dengan program yang dilaksanakan.

“Saya sudah menyampaikan kepada Kepala Desa Ciwangi, kita pun akan mensuport yang berkaitan dengan kegiatan ini. Kita akan siapkan bibit terutama bibit kopi untuk kegiatan konservasinya,” kata Beni.

Beni berharap, mudah-mudahan sebagian lingkungan yang sudah rusak akan dipulihkan kembali dengan program penanam seperti sekarang ini.

“Dan tentunya program ini kita gerakan terus, dan pemerintah sifatnya mensuport awal dan saya harapkan keterlibatan masyarakat secara utuh terus dikembangkan, sehingga lingkungan di masing-masing lokasi bisa terawat dan terjaga terus,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *