Lurah Kota Wetan Garut Kota, Kukuhkan Koordinator dan Anggota BKM Periode 2021-2024

FOKUS, GARUT KOTA1,166 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang merupakan nama “jenerik” atau istilah untuk lembaga masyarakat dengan kedudukan sebagai pimpinan kolektif dari himpunan masyarakat di tingkat Desa/Kelurahan.

BKM adalah sebagai penggerak modal sosial untuk menanggulangi kemiskinan di wilayah kelurahan/desa sasaran dan mempunyai tugas-tugas pokok merumuskan kebijakan penanggulangan kemiskinan yang ada di wilayahnya, memfasilitasi penyusunan program penanggulangan kemiskinan dengan pendekatan partisipatif dan demokratis.

Di Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Lurah setempat secara resmi menetapkan BKM baru masa bhakti 2021 – 2024.

Saya atas nama Pemerintahan Kota Wetan dan warga masyarakat berharap penuh kepada para pengurus BKM yang baru ini dengan masa bhakti 2021-2024, bisa sinergi dan bekerjasama, baik dalam program pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan ekonomi di Kelurahan Kota Wetan,” ujar Lurah Kota Wetan, Galih Mawariz, SE SIP M Si.

Lanjut Galih, yang harus dipacu saat ini adalah bagaimana mensejahterakan ekonomi untuk warga masyarakat Kota Wetan khususnya. Karena menurutnya, banyak potensi yang bisa dikelola dan dikembangkan.

“Terutama, karena disini banyak industri, para pengusaha, yang mana ini perlu disinergiskan dengan pelaku insustri dan para pengusaha. InsyaAllah dengan adanya BKM baru ini bisa sinergis kerjasama yang bagus dengan para pengusaha dan pelaku industri di Kelurahan Kota Wetan,” papar Galih.

Galih juga menjelaskan, adanya BKM di Kelurahan Kota Wetan memang perlu karena kemungkinan masih bergulirnya program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Apalagi menghadapi dibukanya reaktivasi jalur kereta api (PT KAI). Sesuai amanat dan arahan Bupati Garut, bagaimana Garut menjadi tujuan wisata dan tumbuh berkembang dengan pesat.

“Kebetulan potensi wisata di kami itu, adanya pengrajin olahan kulit Sukaregang. Ada olahan makanan, pakaian, sepatu dan lain sebagainya. Kami optimis karena di Kota Wetan ini tingkat kunjungan tinggi. Lalu potensi yang sudah mendunia yaitu kerajinan kulit, baik makanan ataupun lainnya sudah dikenal di Indonesia maupun luar negeri,” papar Galih.

Lurah Kota Wetan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas dedikasi, sinergitas dan kerjasama, curahan tenaga, pikiran dari para pengurus BKM yang lama. Semoga apa yang dilakukan BKM terdahulu dijadikan amal kebaikan.

“Saya juga ucapkan selamat kepada koordinator dan anggota BKM terpilih masa bhakti 2021-2024. Semoga bisa menjalankan amanah dengan baik, bisa menampung aspirasi masyarakat serta mewujudkannya dalam program kerja yang bermanfaat yang mengarah kepada kemakmuran bagi warga masyarakat Kota Wetan. Selamat menjalankan tugas yang amanah,” pungkas Galih. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *