Pemerintahan Desa Karyamukti Cibatu Garut Siap Menjadi Tuan Rumah Acara Bimtek Pokdarkamtibmas

HALO POLISI829 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Widya Heru Kartika SE menyambut baik kehadiran Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Cibatu Resor Garut.

Hal tersebut diungkapkan Kades Karyamukti saat menerima kunjungan Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu, Dedi Supriadi didampingi Sekretaris Cutardi dan Ketua Sub Sektor Desa Karyamukti Debi Supriyadi dalam rangka agenda persiapan Bimtek Pokdarkamtibmas Bhayangkara di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu pada hari Kamis tanggal 16 September 2021 mendatang.

Heru mengatakan, perlunya usaha bersama untuk menegakkan kamtibmas di lingkungan masyarakat. Dan pemerintah desa Karyamukti dalam hal ini siap bergandengan tangan untuk menjadi tuan rumah dalam acara Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pokdarkamtibmas Bhayangkara tersebut.

“Kami pemerintah desa Karyamukti sangat siap menjadi tuan rumah dalam acara Bimtek Pokdar nanti. Kami juga siap bersama untuk bergandeng tangan dengan elemen lainnya, terutama Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu. Kami akan turut mensosialisasikan begitu pentingnya memupuk rasa aman di lingkungan kita masing-masing. Karena kita sadar panggilan ini tertuang dalam Undang Undang Dasar 1945 Pasal 30 bahwa setiap warga negara berhak dan berkewajiban turut serta menjaga pertahanan dan keamanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kades Karyamukti kepada hariangarutnews.com, Minggu (29/08/2021).

Saat ini menurutnya bukan tanpa dasar berbicara tentang rasa peduli kamtibmas, apalagi dalam situasi dan kondisi bangsa ini yang sedang menghadapi pandemi Covid-19.

“Tentu suasana saat ini adanya pandemi perlu kita hadapi bersama, karena selain virus ini tidak kenal latar belakang menyerang kita, yang pasti juga berpengaruh dengan suasana perkembangan perekonomian, dan dampak dari segalanya tidak mustahil akan terjadi gangguan Kamtibmas yang sangat perlu kita waspadai. Terus terang, kegiatan-kegiatan di desa Karyamukti pun sangat terbantu dengan kehadiran Pokdar,” ujarnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya Pokdarkamtibmas di Kecamatan Cibatu ini bisa menjadi pemicu serta penggerak kesadaran bagi masyarakat hingga ke seluruh penjuru Kabupaten Garut dalam hal menjaga kamtibmas. Dengan begitu, dia optimis kehidupan bermasyarakat ini akan semakin kondusif dalam segala aspek.

“Selamat bertugas untuk Pokdarkamtibmas yang telah menambah perbendaharaan adanya sebuah lembaga mitra Polri yang bersifat sukarela berkaitan dengan kamtibmas. Pengurus dan anggotanya bukan main-main, terdiri dari elemen masyarakat yang merasa terpanggil dan peduli. Dan ini akan hadir hingga ke seluruh desa. Saya meyakini daerah kita akan makin aman, damai jika masyarakat juga semakin sadar,” pungkasnya.

Sementara Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu, Dedi Supriadi menuturkan, sosok Kades Karyamukti di mata masyarakat dinilai teladan, peramah dan disegani banyak orang, bahkan aktif disegala bidang yang digelar. Dedi mengatakan, Heru merupakan salah seorang Kepala Desa yang kerap mendukung kegiatan Pokdarkamtibmas di wilayah hukum Cibatu.

“Kami sering sharing terkait Kamtibmas dengan beliau karena anggota Pokdarnya juga banyak di desa ini. Baik ngobrol tentang potensi dan kondisi ekonomi, permasalahan pembangunan maupun mempertimbangkan budaya yang hidup dalam masyarakat. Kebetulan hari ini kami baru membahas persiapan Bimtek Pokdarkamtibmas yang akan digelar pada pertengahan September bulan depan. Alhamdullilah pak Heru respon sekali,” tandas Dedi.

Untuk diketahui, anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu merupakan paling banyak dari 33 Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Garut. Hal tersebut yang mendorong Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono S.I.K,M.Si akan menghadiri acara Bimtek bersama Kasat Binmas Polres Garut, Iptu Didi Sutardi yang rencananya akan digelar pada 16 September 2021 tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *