Wakil Bupati Garut Tinjau Langsung Pembangunan Pantai Sayangheulang

FOKUS660 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, melakukan monitoring pelaksanaan pembangunan objek wisata Pantai Sayangheulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Minggu (22/08/2021).

Helmi Budiman mengungkapkan, pembangunan Pantai Sayangheulang khususnya pembangunan Sky Bridge terus berjalan bahkan melebihi target yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Wabup berharap pembangunan Pantai Sayangheulang ini diawasi oleh berbagai pihak termasuk masyarakat.

“Saya berharap semua mengawasi pembangunan ini, kenapa, karena ini pembangunan dengan dana yang cukup besar, kemudian juga kita jarang besar-besaran membangun wisata di Pantai ini di Kabupaten Garut sebesar 15 miliar ini. Saya mohon semua masyarakat untuk mengawasi agar ini berjalan dengan baik,” harap Wakil Bupati.

Lebih lanjut Helmi mengatakan, terkait dengan sebutan Pangandaran Kedua yang ramai disebutkan oleh masyarakat dengan adanya pembangunan Pantai Sayangheulang ini. Ia merasa tidak keberatan, yang terpenting pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan terkait dengan wisata kepada masyakat.

“Ya boleh lah sebutan itu (Pangandaran kedua), tapi kita terus berupaya bagaimana meningkatkan pelayanan yang terkait dengan wisata kepada masyarakat, syukur-syukur malah kita lebih bagus, karena kita punya plan cukup bagus,” ungkapnya.

Helmi juga menuturkan, pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat ini sendiri ditargetkan rampung tahun ini.

“Tahun ini (Rencananya beres), Desember mudah-mudahan bisa dipakai,” terng Helmi.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Ma’mun, pembangunan ini merupakan Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di mana untuk pekerjaan konstruksinya dianggarkan sebesar Rp14,4 miliar.

Berdasarkan kontrak, lanjut Ma’mun, pengerjaanya dilaksanakan sejak 12 Juli 2021 dan ditargetkan selesai 16 Desember 2021 (150 hari kerja).

“Waktu pemeliharaan yang dilakukan oleh kontraktor setelah Pekerjaan Penyerahan Hasil Pekerjaan (PHP) ke Disparbud,” katanya.

Ditambahkan Ma’mun, Pantai Sayang Heulang berada sekitar 88 Km dari pusat Kabupaten Garut, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 180 menit. Pantai Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, dengan Luas mencapai sekitar 17 hektar.

“Dengan landmark sayap elang, pembangunan Pantai Sayangheulang ini lebih banyak pada area pedestrian
dan taman sepanjang pantai, yang dibuat untuk memfasilitasi para pengunjung, dan juga di lengkapi
fasilitas Plaza, track gantung sepanjang pantai, spot pandang laut dan juga gazebo, are parkir dan kuliner sepanjang tepi pantai,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *