Peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka, Kwarcab Garut Bagikan Ratusan Paket Sembako kepada Warga Panti dan Kaum Duafha

FOKUS685 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60 tahun Pramuka, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr Helmi Budiman bersama jajaran pengurus menggelar rangkaian kegiatan bakti sosial (baksos) dengan membagikan ratusan paket sembako untuk kaum duafha dan warga panti asuhan, Rabu (11/08/2021).

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Garut, Kak Helmi Budiman, didampingi para pengurus Kwarcab lainnya, disela-sela kegiatan penyaluran bantuan menyampaikan, ada 320 paket sembako yang disalurkan pada acara baksos tersebut.

“Ada 320 paket yang disalurkan. Sasarannya di panti asuhan Aleja, terus di Margawati, ada juga panti Bina Insani dan ada juga warga masyarakat,” ujar Helmi Budiman.

Ketua Panitia Peringatan HUT Pramuka Ke-60 Kwarcab kabupaten Garut, Imat Ruhimat, santuni warga panti asuhan.

Ketua Kwarcab yang juga selaku Wakil Bupati Garut ini juga berharap, bantuan yang disalurkan bisa meringankan beban kebutuhan sehari-hari, apalagi dalam situasi sulit wabah pandemi Covid-19 sekarang ini. Kak Helmi mengatakan, selama ini Kwarcab Pramuka Garut, juga ikut membantu pemerintah dan stakeholder untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Tentunya, kita tidak tinggal diam melihat kondisi dewasa ini, oleh sebab itulah, kami hadir ditengah masyarakat, membantu sekaligus ikut andil terhadap upaya dari pemerintah. Mari kita sama-sama bisa saling membantu, dari masyarakat ke masyarakat untuk saling meringankan beban sesama. Semoga juga pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” ajak Helmi.

Ia juga menambahkan, warga agar tetap patuh pada aturan penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai yang telah diatur oleh pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Semoga Garut segera kembali ke level terendah dan pandemi ini segera berakhir. Dengan kita mematuhi, mentaati aturan maupun menerapkan protokol kesehatan 5M, mudah-mudahan kita bisa menjaga keluarga kita, orang lain dan diri sendiri,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada tanggal 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Pada tahun 2021 ini, peringatan Hari Pramuka mengangkat tema “Berbakti Tanpa Henti”.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Kwarcab Pramuka Garut Tahun 2021, Imat Ruhimat menuturkan, jika kegiatan bakti sosial yang dilakukan pihaknya adalah wujud pengejawantahan nilai Trisatya dan Sharma Bhakti Pramuka.

“Filosofi yang kami ambil dalam kegiatan ini jelas, sebagai anggota Pramuka, baik dewasa, penggalang, penegak pandega dengan mengacu pada AD/ART Pramuka yang telah tertuang dalam Trisatya dan Dada Sharma Pramuka salah satunya adalah ikut serta membangun masyarakat melalui rangkaian HUT Pramuka Ke-60 ini,” katanya, Rabu (11/08/2021).

Imat juga menyampaikan, jika kegiatan rangkaian kegiatan HUT Pramuka Ke-60 ini akan dilanjutkan dengan acara donor darah, ziarah ke makam pahlawan, pengukuhan petugas upacara, apel peringatan Hari Pramuka dan Rakercab.

“Kami gerakan Pramuka Garut dalam hal ini andalan cabang menjadwalkan selain kegiatan bakti sosial, rangkaian peringatan HUT Pramuka akan diwarnai dengan acara donor darah, ziarah ke makam pahlawan, Rakercab dan lainnya. Dengan melibatkan pengurus ranting secara serentak,” ulasnya.

Dalam kegiatan ini dirinya, menjaminkan semua berstandar protokol kesehatan Covid-19, karena prinsip dasar gerakan Pramuka adalah kemanusiaan. Ketua Panitia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan partisipasinya kepada pihak donatur yakni Baznas Kabupaten Garut, Bank Intan Jabar, Lazismu dan semua pihak yang mendukung kegiatan rangkaian HUT Pramuka Ke-60 tersebut.

“Kami jamin semua kegiatan kita atas standar protokol Covid, dari itu kami sebar kegiatan ini ke tiap ranting, kalau kami pusatkan tentu semua berkerumun, tapi tentu kami sadar situasi tidak memungkinkan, maka andalan dan pengurus kami batasi. Selain itu kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor yang telah mendukung kegiatan ini terutama kepada Baznas, Bank Intan Jabar dan Lazismu,” pungkas Imat. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *