Peringati HJG Ke-211, Pj. Bupati Garut Resmi Buka Gebyar Pesona Budaya dan Creative Fair

FOKUS632 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin, membuka secara resmi pelaksanaan Gebyar Pesona Budaya Garut dan Garut Creative Fair Tahun 2024 di SOR RAA Adiwijaya, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (27/4/2024).

Acara ini dihadiri oleh para pelaku kesenian dan budaya di Kabupaten Garut, dan dilaksanakan selama 2 hari pada Sabtudan Minggu, 27- 28 April 2024. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kendang oleh Pj Bupati Garut dan tamu undangan yang lainnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Barat, Enjang Tedi, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah dan tamu undangan yang lainnya.

Barnas menyebut, bahwa kemajuan Kabupaten Garut ditandai dengan beberapa hal diantaranya yaitu wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, dan beragam wisata lainnya.

“Seperti tadi kita lihat ada berbagai wisata produk makanan, fashion, kemudian kreatif-kreatif yang luar biasa, yang tentu ini menjadikan suatu modal bagi Kabupaten Garut untuk mengembangkan wilayahnya,” ucap Barnas.

Usai melihat beberapa produk kreatif yang ditampilkan di Garut Creative Fair, Barnas mengungkapkan bahwa hasil produk kreatif di Kabupaten Garut sangat bagus dan layak dibanggakan oleh masyarakat Kabupaten Garut.

“Dan tentu pihak media ini bisa membantu bagaimana kita Kabupaten Garut ini memperkenalkan berbagai produk-produk seni budaya, lalu hal-hal yang bisa kita lihat di dalam fair ini. Nah mudah-mudahan semuanya bahagia,” ujar Barnas.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Luna Avriantini, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah implementasi serta mewujudkan sinergitas dan akselerasi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2027 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Tujuan adalah meningkatkan kreativitas seniman dan budayawan serta para pelaku industri kreatif pariwisata untuk melakukan inovasi karya agar mempunyai daya saing yang tinggi. Berikutnya mempromosikan pariwisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Garut,” ucap Luna.

Sebagai salah satu rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Garut yang ke-211, Luna mengatakan bahwa Gebyar Pesona Budaya Garut dan Garut Creative Fair tahun ini mengusung tema “Nu Datang Mawa Bagja, Nu Miang Mugia Waluya”. Ia juga menuturkan, bahwa pelaksanaan kegiatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena harus tertunda sementara waktu dengan adanya Pemilu 2024 dan bulan Ramadan.

Ia menambahkan, acara pada hari ini dikemas dengan pertunjukan pergelaran seni budaya, prosesi seni pembukaan, helaran seni tradisional, pameran ekonomi kreatif dan pentas seni persembahan dari Dewan Kesenian Garut.

Terakhir, ia mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak, terutama Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, yang telah memberikan arahan terhadap terselenggaranya kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar.

“Serta kami ucapkan terimakasih pula kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam mempersiapkan acara ini mulai dari para seniman dan budayawan, para pelaku usaha kreatif hingga para panitia yang telah bekerja keras di belakang layar,” tandasnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada pihak-pihak yang senantiasa bekerjasama dalam pengembangan subsektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Garut, yakni Vortable Indo Creative Industry, Putri Karlina, Kiki Syarif, YM Project, Garut Film Forum, Mata Visual dan Garut Creative Hub. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *