Di Sukaresmi Garut, Dua Rumah Terbakar Satu Roboh Butuh Perhatian Pemerintah

FOKUS819 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tiga Keluarga Warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, tertimpa musibah, Minggu (08/08/2021). Dua rumah tterbakar dan satu rumah, atapnya roboh akibat lapuk dimakan usia karena tak diperbaiki.

Kepala Desa Sukajaya, Kecamatan Sukaresmi, Nyanyang, mengatakan, musibah rumah roboh terjadi di Kampung Pasir Luhur RT 01/05, milik Bana (60) dan istrinya Epon (55).

“Saat ini kami dari pemerintah desa dan warga sekitar berupaya membantu berswadaya bahan bangunan. Agar rumah pak Bana bisa dihuni kembali,” ujar Nyanyang.

Kades Nyanyang juga menyampaikan, korban sementara dievakuasi ke rumah anaknya untuk pengamannan. Warga setempat berjibaku membereskan puing-puing bangunan yang roboh.

Lebih lanjut Kades Nyanyang juga mengatakan, musibah kebakaran rumah menimpa dua warganya di Kampung Gombong, RT 02/07, milih Ibah dan Tarmidah. Kejadian sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Dugaan sementara dari korsleting arus listrik.

“Sekitar satu jam api bisa dipadamkan. Untuk bantuan para korban sedang diajuan ke pihak terkait,” jelas Nyanyang.

Ditemui warga yang menjadi korban rumah roboh, Bana, kebingungan dengan kondisi rumahnya. Karena jangankan untuk perbaikan rumah, untuk makan sehari-hari saja sangat kesulitan.

“Karena bangunan sudah lama, sehingga lapuk dimakan usia. Saya belum bisa memperbaiki rumah karena enggak mampu. Untuk kebutuhan sehari-hari saja, buat makan sulit,” ucap pemilik rumah, Bana, memelas kebingungan.

Bana juga menyebutkan, rumah tersebut sudah 30 tahun belum diperbaiki. Kesehariannya hanya serabutan buruh tani, hanya bisa cukup untuk makan sehari-hari saja sudah untung.

“Kalau ada yang nyuruh, baru dapat buat makan,” cetusnya. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *