Di Selaawi Garut, Bina Guru UKS untuk Ciptakan Sekolah Sehat Berkualitas

FOKUS886 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Selaawi, Kabupaten Garut, gelar acara pembentukan dan pembinaan guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat SD/MI, SLTP dan SLTA, di aula kecamatan, pada Kamis (03/12/2020). Para peserta dari guru-guru SD yang ditugaskan oleh sekolah se-Kecamatan Selaawi. Acara tersebut juga kerjasama antara dinas kesehatan dengab dinas pendidikan.

Camat Selaawi, Ridwan Effendi S STP M Si, selaku ketua penyelenggara acara mengatakan, ini adalah suatu giat pembentukan dan pembinaan guru-guru UKS di tingkat berjenjang, SD/MI/SMP/SLTA.

“Ya tentu saja kegiatan ini adalah dalam upaya penyiapan sekolah-sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah,” ucap Camat Ridwan.

Acara ini, lanjut Ridwan, tidak hanya berbicara aspek pendidikanya saja, tetapi yang lebih utama adalah aspek kesehatan siswa dan para guru, karena semua itu adalah yang tidak bisa terpisahkan. Sehingga, sambung Camat, peran serta UKS ini menjadi sebuah momentum yang sangat penting peningkatan kualitas atau mutu pendidikan di setiap sekolah yang terlebih dimasa pandemi Covid-19. Setiap sekolah, kata Camat Ridwan, harus lebih mempersiapkan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka bagi para siswa kedepanya.

“Kegiatan ini dimulai dari SD dulu dan besok SMP dan SLTA. Harapannya setiap sekolah bisa lebih memahami dan mempersiapkan supaya setiap sekolah agar lebih sehat dan berkualitas,” paparnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Kepala UPT Kepala Puskesmas Selaawi, Hj Lia Maulidyawati, SST M Kes. Ia mengaku bahwa kegiatan tersebut baru pertama kali di Selaawi.

“Kegiatan ini berlangsung dua hari, sekarang kamis khusus SD dan MI dan besok hari Jum’at untuk SMP dan SLTA. Ini adalah kegiatan yang penting sekali terkait dengan kegiatan UKS, apalagi dimasa pandemi copid 19,” terang Lia.

Lia berharap, guru-guru UKS ini bisa memfasilitasi kegiatan kesehatan yang ada di masing-masing, mulai dari pendidikan kesehatan di sekolah, sebab, sambung Lia, kesehatan itu adalah lebih utama. Kalau dipersiapkan sekolah yang sehat, lanjut Lia, seperti halnya adanya tempat cuci tangan, jamban sehat, terus lingkungan bersih, semua itu akan menciptakan generasi-generasi sehat dan berkualitas. Jadi kegiatan UKS ini, imbuh Lia, adalah momentum yang terbaik, karena ada beberapa program kesehatan yang perlu disampaikan kepada para guru di sekolah.

“Harapan kami sebagai UPT Kesehatan Kecamatan Selaawi dengab adanya Pandemi Covid-19 ini, ciptakan sekolah yang sehat, supaya bisa melahirkan anak-anak didik yang sehat sehingga kita bisa melahirkan generasi-generasi berkualitas,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *