Gelar Tes Urine PNS, BNN Masih Tunggu Intruksi Bupati Garut

FOKUS1,014 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kabupaten Garut kedapatan membawa shabu-shabu dan diduga terindikasi mengkonsumsi Narkoba, Selasa (01/12/2020) kemarin.

Padahal, slogan “Perang Melawan Narkoba” dengan Program Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) jauh-jauh hari telah dicanangkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Garut dan telah menjadi atensi Pemerintah Kabupaten Garut.

Terkait adanya oknum PNS yang tertangkap jajaran Sat Narkoba Polres Garut, Kepala BNNK Garut, AKBP Irzan Haryono SH MH mengatakan, tes urine di lingkup ASN Pemkab Garut belum dilakukan karena belum ada instruksi bupati. Padahal hasil pemeriksaan urine PNS dan pejabat di Garut yang dilakukan beberapa tahun lalu cukup mencengangkan.

“Pemeriksaan urine yang BNNK lakukan harus atas dasar permintaan atau rekomendasi dari pimpinan. Jika memeriksa urine PNS di badan/dinas, harus ada permintaan dari kepala badan/dinas. Jika memeriksa urine pejabat di jajaran Pemkab Garut, harus ada instruksi dari bupati,” ujar AKBP Irzan Haryono SH MH kepada hariangarutnewa.com, Rabu (02/12/2020).

Irzan juga mengapresiasi kepada para penegak hukum khususnya jajaran Sat Narkoba Polres Garut yang telah menangkap para pelaku pengedar Narkoba. Dikatakan Kepala BNNK Garut, saat ini pun pihaknya getol menggelar tes urine ke masyarakat, kampus, perhotelan dan lainnya.

Sementara Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, yang juga Duta Anti Narkoba BNNK Garut mengatakan, komitmen Pemerintah Kabupaten Garut mewujudkan ASN yang bebas narkoba, menjadi harga mati. Karena, kata Helmi, melalui ASN yang bersih narkoba, maka bisa dipastikan proses pelayanan kepada masyarakat bisa dijalankan secara optimal.

“Sebaliknya, bila ASN telah menjadi pecandu atau pemakai narkoba, maka juga bisa dipastikan kinerjanya sebagai pelayanan masyarakat pun akan semakin berantakan. Terkait rencana akan dilakukannya tes urine kepada seluruh pegawai ASN, nanti kami akan koordinasi dengan Bupati. Tentunya dengan tes urine yang langsung dilakukan rekan BNN, nanti akan terlihat,” pungkas Wakil Bupati. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *