Aksi Sosial Bersihkan dan Renovasi Masjid Sampai Pelosok, Ketua KMG : Kita Targetkan 1.000 Masjid

HARIANGARUTNEWS.COM – Berawal kegiatan dari sebelum maraknya wabah pandemi di kab. Garut, Komunitas Masjid Garut (KMG) yang berdiri sekitar dua tahun yang lalu. Dengan niat kecintaan para anggotanya terhadap masjid, untuk alasan itu komunias merasa wajib menjaga dan merawatnya. KMG yang saat ini diketuai oleh H Andri Prasetya Rahardja, sudah beranggotakan ratusan orang pecinta masjid.

KMG Menargetkan 1000 masjid dan sampai saat ini sudah hampir 800 masjid di kab. Garut yang dibersihkan juga direnovasi sarana tempat wudhu dan lainnya. Meskipun komunitas ini terbilang baru berdiri sekitar dua tahunan, dengan jumlah anggota hampir seratusan orang ini terus melakukan bakti sosial guna menjaga masjid tetap bersih, nyaman dan wangi.

Masing-masing anggota berbagi peran mulai membersihkan kamar mandi, toliet, tempat wudlu, karpet, sajadah, kaca dan jam dinding, langit-langit, hingga halaman dan pekarangan masjid. Dengan menggunakan alat canggih, seperti vacum cleaner, vacum ekstrakter, dan polister serta peralatan kebersihan lainnya. Yang awalnya masjid terlihat lusuh, namun dalam waktu sekejap, sarana tempat ibadah muslim itu menjadi bersih dan harum.

Ketua KMG, H Andri Prasetya Rahardja, menuturkan, aksi mulia komunitas asli Garut ini menggunakan anggaran secara swadaya antar anggota dan donatur. Kegiatan sudah berlangsung hampir dua tahun, dengan capaian sampai saat ini hampir 800 masjid, di berbagai kecamatan di kab. Garut.

Dikatakannya, kegiatan ini tidak ada maksud lain kecuali mengajak memakmurkan masjid, upaya ini dinilai tepat sebagai sarana mengajak sekaligus meningkatkan kesalehan sosial di masyarakat. Semakin banyak masjid yang bisa dibersihkan, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat yang datang beribadah ke masjid juga merawatnya.

“Minimal ini jadi gerakan masyarakat di lingkungannya masing-masing, anak-anak KMG dalam sehari minimal dua masjid, tapi bisa saja ke depannya lebih dari itu,” Ujar H Andri, Minggu (03/05).

Sementara, admin komunitas, Kang Uze, menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan masjid bagi masyarakat, ada tiga program utama yang dijalankan komunitas, yakni program bersih masjid, program rawat masjid, dan yang ketiga adalah progam renovasi masjid, terutama ditujukan bagi masjid jami, yang menjadi pusat kegiatan keagamaan masyarakat.

Lanjut dijelaskan kang Uze, kegiatan KMG membersihkan masjid-masjid, memasuki bulan Ramadhan kegiatan fokus pada penyemprotan dan berbagi takjil juga masker tiap hari. Kegiatannya diseputaran Sekretariat KMG Jalan Bank No.17 Garut. Sementara penyemprotan disinfektan fokus ke daerah-daerah.

“Meyakini hanya Allah yang mengadakan dan meniadakan. Berjuang terus dalam ikhtiar dan doa. Semoga secepatnya Allah SWT tiadakan Wabah ini. Aamiin Ya Robbal Alamin,” pungkasnya. (Bulan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *