Viral Rumah Warga Roboh di Samarang Garut, Kapolsek Cek Lokasi dan Berikan Santunan

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,761 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ramai pemberitaan di media online terkait adanya rumah roboh di Kecamatan Samarang pada Rabu (18/04) lalu. Kapolsek didampingi Bhabinkamtibmas setempat dan Perangkat Desa Cintarakyat, langsung melakukan pengecekan kelapangan. Hal ini untuk memastikan kondisi rumah ibu Ihah (42) warga Kampung Cisanca, RT 01/06, Desa Cintarakyat, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Kapolsek Samarang, Kompol Supian BJ SH, usai peninjauan pengecekan kelapangan menyampaikan, hasil pengecekan bahwa rumah Ihah awalnya milik orangtuanya bernama bapak Ohon dan ibu Empeh, keduanya sekarang sudah meninggal dunia. Kendati bangunan permanen namun rumah berukuran 6×8 meter tersebut sudah tua dan lapuk.

“Setelah orangtuanya meninggal dunia sekitar sepuluh tahun yang lalu, rumah itu dibagi dua dengan kakaknya Rosidin,” ujar Kapolsek, Jum’at (20/03).

Lanjut Kapolsek, kronologis awal, pada hari Rabu (04/03) lalu, sekitar pukul 20.30 WIB, rumah bagian ibu Ihah yang di sekat roboh dengan sendirinya, bukan tertimpa pohon atau sebab lain namun karena sudah lapuk dimakan usia. Yang tersisa dari rumah bagian kakaknya Rosidin dan masih bisa ditempati. Adapun barang-barang milik Ihah disimpan di ruangan dekat kandang domba milik ibu RT Maya, yang letaknya masih berdampingan dengan Rosidin.

“Saat ini ibu Ihah tinggal di rumah kakaknya Rosidin, yang disekat sebelah lagi dan bisa ditempati. Jadi bukan dikandang domba seperti diberitakan media,” jelasnya.

Kapolsek juga meminta keterangan RT setempat, ibu Maya, yang mengatakan, untuk penyimpanan barang-barang sudah disiapkan tempatnya di ruangan dekat kandang domba. Tetapi tempat tersebut bukan untuk tempat tinggal tapi untuk barang-barang sementara.

“Kalau penjelasan Perangkat Desa, pak Paat, bahwa rumah Rosidin dan Bu Ihah akan dibangun dengan program Rutilahu bulan Mei 2020,” bebernya.

Saat cek lokasi, tambah Kapolsek, karena sudah malam, ibu Ihah sedang istirahat, penjelasan didapat dari bu RT Maya dan Rosidin, bahwa rumah bagian bu Ihah yang disekat roboh dengan sendirinya karena lapuk bukan tertimpa pohon. Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Samarang memberi bantuan berupa uang kadeudeuh yang diterima Rosidin. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *