Akibat Hujan Deras, Jembatan Penghubung Antar Desa di Sukaresmi Garut Jebol

FOKUS1,934 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Hujan deras yang terus mengguyur mengakibatkan volume air pada sungai meningkat, tak ayal beberapa lokasi terjadi longsor atau banjir. Seperti yang terjadi di sungai Cikeruh Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, pada Minggu (01/03). Tembok Penahan Tanah (TPT) pada jembatan jalan desa di kampung Babakan yang menghubungkan antara Desa Padamukti ke Desa Sukaresmi jebol akibat arus air sungai yang meluap.

Dijumpai warga setempat Ahmad (45) yang berada di lokasi, saat mengatur para pengendara yang lewat, menyampaikan, kalau tidak ada penanganan, besar kemungkinan jembatan akan memutus jalan, dan akses bisa mati total.

“Ini kalau tidak langsung ditangani bisa-bisa jembatan akan putus dan akses mati,” ujar Ahmad, Selasa (03/02).

Dikatakan Ahmad, meluapnya air sungai saat hujan, mengakibatkan jebol pada TPT dan pondasi jembatan tersebut. Ia berharap, Pemerintah segera melakukan penanganan karena kalau dibiarkan pasti akan tergerus ulang oleh air dan jembatan roboh semuanya.

Sementara Camat Sukaresmi Drs Heri Heriawan, saat di hubungi melalui pesan WhatsApp mengatakan, saat ini lokasi sudah di cek dan dilakukan penanganan sementara.

“Kaitan kejadian bencana tersebut membutuhkan penanganan secepatnya karena menyangkut fasilitas atau infrastruktur transfortasi, akses bagi warga masyarakat,” kata Camat Heri, Selasa (03/02).

Ditambahkan Camat, jembatan ini adalah perbatasan antara Desa Sukaresmi dengan Padamukti, dan jalan ini merupakan akses penghubung antar desa.

“Benar di lokasi kampung babakan, dan saat ini bantuan dari dinas sudah ada, ada material seperti batu, pasir sudah ada dilokasi untuk perbaikan,” pungkasnya. (Mahdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *