Marching Band Gita Rabani MTSN 2 Garut, Sambut Wakil Bupati pada Peresmian PKBM Kertaraharja Wanakerta

FOKUS1,325 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kedatangan Wakil Bupati (Wabup) Garut dr Helmi Budiman, di Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Selasa (25/02), disambut meriah dan riuh kegembiraan warga masyarakat, saat Wabup Helmi beserta rombongan ini tiba dilokasi langsung disambut jajaran Forkompimcam Cibatu, APDESI Cibatu, Pengurus PKBM Kertaraharja Desa Wanakerta, Para Kepala UPT dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Cibatu.

Diiringi tabuhan Marching Band Gita Rabani binaan Madrasah Tsyanawiyah Negeri (MTSN) 2 Garut, menambah semarak gegap gempita, menerima kadatangan orang nomor dua di Garut ini dalam agenda peresmian gedung Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Kertaraharja Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu.

Ketua PKBM Kertaraharja, Deni Muhammad Toha, dalam sambutannya mengatakan, adanya PKBM ini bertujuan, dalam peran serta ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini merupakan gagasan yang cemerlang Kepala Desa dalam Meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

“Inovasi dan kajian-kajian di PKBM, untuk meningkatkan sumber daya manusia. PKBM ini ada program Paket B, Paket C, Taman bacaan masyarakat, Majelis Ta’lim, PAUD dan LPK Komputer,” ucap Deni.

Camat Cibatu, Drs Sardiman Tanjung, dalam sambutannya mengatakan, Keberadaan PKBM salah satunya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), hal ini sejalan dalam meningkatkan Index IPM, PKBM akan bisa bersinergi dengan Program program Pemerintah dan Pemerintah Desa.

“Tahun ini juga akan dibuka penerimaan siswa baru kejar paket B kejar paket C,” jelas Camat.

Sementara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa dan meriah, ia pun mengatakan di tahun depan akan prioritaskan bantuan untuk Pembagunan mesjid di Wanakerta.

“Desa Wanakerta patut menjadi teladan bagi desa lainnya. Saya kagum dengan kantor desanya yang bergaya Yunani, serasa di Yunani saat ini,” kata Helmi.

Ditambahkan Helmi, selanjutnya yang harus jadi teladan bagi Pemerintahan Desa yang lainnya salah satunya adalah, Pemerintah Desa membagun sepitenk komunal yang di danai dari Dana Desa (DD).

“Kalau Pemda membangun sepitenk komunal itu biasa, kalau dibangun oleh Pemerintah Desa Itu luar biasa. SDM Pemerintah Desa yang cukup baik bisa melahirkan proses perencanaan pembangunan Desa yang baik, salah satunya di Wanakerta. Perencanaan pembangunan dalam meningkatkan IPM melalui PKBM sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Garut,” beber Helmi.

Masih kata Wakil Bupati, PKBM dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan Index Pembangunan Manusia. Kunci kehidupan bangsa salah satunya pendidikan, dengan ilmu dan Pendidikan, pendidikan formal dan non formal, pungkasnya.

Berdasarkan informasi, PKBM kertaraharja Desa Wanakerta tahun ini, 50 orang mengikuti kerjar Paket B dan 26 Mengikuti kejar paket C. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *