Musrenbang Kecamatan Sukawening, Bupati Garut : Kita Harus Dorong Program Peningkatan IPM

Bertempat di Resort Salegar Sawah lega Hegar, Pemerintah Kecamatan Sukawening Menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan Sukawening, Selasa (11/02) lalu. Dengan mengangkat tema Musrembang “Pembagunan Sumberdaya Manusia yang berkualitas Dan Insfarstruktur Yang Mantap disertai perluasan Investasi Guna Peningkatan Daya Saing Daerah”.

Hadir dalam acara, Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH MP, anggota DPRD Garut Dapil 1, para Kepala UPT, MUI Kecamatan. Sebanyak 101 Peserta mengikuti Musrenbang tingkat Kecamatan, dari sebelas desa se-Kecamatan Sukawening, mengirimkan lima orang utusan perwakilan yakni, Kepala Desa, BPD, LPM, Ketua TP PKK Desa dan tokoh masyarakat. Acara diselenggarakan di luar kantor kecamatan, dan merupakan suasana baru, sekaligus mensosialisasikan dan potensi destinasi wisata yang ada di kecamatan sukawening.

Camat Sukawening, U Haerudin S Sos, dalam Sambutannya mengatakan, pelaksanaan Musrembang ini merupakan Amanat Undang Undang. Para Peserta akan bermusyawarah dan berdiskusi untuk mengahasilan rumusan usulan rencana pembagunan di Kecamatan Sukawening. Ia berharap, usulan rencana pembangunan tetap harus memperhatikan Sumberdaya manusia serta kesedian perangkat pendukung.

“Pengentasan berbagai permasalahan Mengenai kemiskinan tetap menjadi prioritas usulan program pengentasan kemiskinan,” kata Camat.

Sementara, Bupati Garut H Rudi Gunawan, menuturkan, akan melakukan langkah-langkah percepatan pembagunan di Kecamatan Sukawening,” tutur Rudy, di hadapan para Peserta Musrenbang.

Dilanjutkan Rudy, pembagunan tidak hanya pembangunan infrastruktur saja, tetapi pembagunan Ahlakul karimah, harus menjadi perhatian, Sehingga “Garut Bertaqwa ,Maju dan Sejahtera” sesuai Visi Misi Daerah Kabupaten Garut.

Rudy juga mengatakan, tahun depan Pemkab akan anggarkan pembagunan kantor Mapolsek Sukawening dan pembagunan sejumlah insfarstrutur jalan, satu buah truk pengangut sampah, serta kecamatan sukawening juga memiliki prospek pembagunan Kawasan wisata baru. Dalam kesempatan tersebut juga diperlihatkan Bupati Rudy, sejumlah dokumentasi video, dokumentasi Bupati memperkenalkan wisata di Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening kepada Audiens Musrenbang.

“Tag line pemkab Garut, Siapapun yang bekerja di Kabupaten Garut, wajib bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk pembagunan di kab Garut,” tandas Rudy.

Terpisah, anggota DPRD F-PKS dari Dapil 1 Dede Salahudin, menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan musyawarah yang terbaik dan diatur undang-undang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang akan menjadi Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Garut, agar pembangunan bisa dilaksanakan sesuai prioritas dan kebutuhan.

Ditambahkan Dede, bukan hanya kegiatan seremonial saja, kesempatan ini dimanfaatkan agar bisa terwujudnya pembangunan.

“Mohon perhatian kepada bapak Bupati, Musrenbang ini merupakan proses perencanaan pembagunan yang harus di lalui oleh setiap daerah atau kecamatan. Hasil Musrenbang, diharapkan menjadi hasil atau patokan dalam proses pembangunan, kami harap Musrenbang bukan hanya sekedar Kegiatan Ceremonial belaka, atau hanya menggugurkan kewajiban saja. Hasil Musrenbang harus menjadi dasar dan patokan rencana pembangunan kecamatan di kab Garut, pungkasnya. (Bulan-Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *