Bersama Forkopimda, Polres Garut Tanam 3.000 Pohon Dalam Rangka Polri Peduli Penghijauan

FOKUS1,701 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia tanggal 10 Januari 2020, dengan tema “Polri Peduli Penghijauan”, Kepolisian Resort (Polres) Garut bersama jajaran Forkopimda lainnya gelar penanaman pohon di Kamojang, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jum’at (10/01).

Hadir dalam acara, mewakili Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah SIK MIK, Wakapolres Kompol Abdul Kholik SH SIK beserta PJU Polres Garut, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, ST MTr (HAN), Dandenpom III/2 Letkol CPM Yulius Amra, Kasdim Mayor Inf Hamzah Budi Susanto beserta PJU Kodim, Asda 1 H Nurdin Yana MH dan para SKPD, Instansi Vertikal, Management Indonesia Power, manajemen PLTU Kamojang, Ketua MUI, Ormas dan lainnya.

Wakapolres Garut membacakan sambutan Kapolres yang tidak dapat hadir karena menghadiri acara yang sama di Cikeas Kabupaten Bogor. ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak program Polri Peduli Penghijauan di seluruh Polres dan Polda se Indonesia, dengan tujuan menciptakan penghijauan dan melestarikan bumi Indonesia dalam hal ini khususnya di kabupaten Garut.

“Untuk Polres Garut sendiri dipusatkan di daerah Kamojang kecamatan Samarang kabupaten Garut. Gerakan menanam pohon di wilayah hukum Polres Garut sebenarnya sudah berjalan sejak akhir Desember 2019 dengan sasaran di tanah milik Polri dan umum,” ujar Wakapolres.

Ia juga menyebutkan, bahwa kegiatan penanaman pohon dilaksanakan juga di Mapolres, Rumah Dinas, Kantor Polsek – Polsek di wilayah hukum Polres Garut. Dengan luas tanah sekitar 16 Ha dan jumlah pohon 42.000 pohon, khusus dalam kegiatan ini yang kita tanami seluas 4 Ha dengan jumlah pohon 3.000 pohon berbagai jenis.

“Program penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi masa depan, banyak yang bisa kita nikmati dari keberadaan tanaman disekitar kita. Sangat banyak manfaatnya, selain untuk lingkungan lebih hijau, asri dan sejuk, serta dalam rangka antisipasi bencana longsor,” beber Abdul Kholik.

Ia juga berharap, program ini jangan hanya untuk jangka pendek saja, kedepan apa yang kita tanam saat ini bisa di jaga dan di rawat dengan baik. Dengan satu penanaman saat ini ada sejuta manfaat yang dapat dirasakan dimasa yang akan datang.

Sementara itu Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA menyebutkan bahwa untuk mengantisipasi bencana di kabupaten Garut, dalam waktu dekat ini akan digelar apel siaga tanggap bencana.

“Kita semua telah siap untuk mengantisipasi bencana seperti apa yang diketahui Garut merupakan daerah Mitigasi Bencana, jadi meskipun ini belum terjadi tapi ini waktunya kita untuk melakukan mitigasi,” kata Dandim.

Upaya-upaya mengantispasi bencana, lanjut Dandim, akan terus dilakukan guna mengurangi dampak dari bencana apabila terjadi. Bahkan Kodim telah siapkan personil dan material serta latihan-latihan penanganan bencana telah dilakukan.

“Untuk sekarang langkah-langkah jangka panjang telah kita lakukan dengan cara penanaman pohon oleh TNI di Hari Juang ke 74 dan saat ini oleh Polri dalam agenda Polri Peduli Penghijauan,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *