Antisipasi Bencana Banjir, Forkopimcam Garut Kota Fokuskan Penanaman di Bantaran Sungai Cimanuk

FOKUS918 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sesuai intruksi Presiden Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Garut Kota gelar penanaman pohon di lokasi bantaran sungai Cimanuk, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, Jum’at (10/01).

Usai kegiatan penanaman, Camat Garut Kota Drs Bambang Hafidz M Si, didampingi Kapolsek Kompol H Uus Susilo serta Danramil 1101 Lettu ARH Edi Waryanto, menuturkan, bahwa kegiatan yang dilakukan sesuai intruksi Presiden Republik Indonesia dan Kapolri, yang mana seluruh Indonesia Serentak melakukan gerakan penanaman pohon penghijauan.

“Kita sengaja mengambil lokasi dibantaran sungai Cimanuk, karena dilokasi ini rawan terkena bencana banjir yang mana punya pengalaman dahulu terjadi banjir bandang. Sekarang lokasinya steril dari bangunan dan kita tanami hari ini,” ucap Bambang.

Dikatakan Camat Garut Kota, kegiatan penanaman melibatkan semua unsur yang ada, dari TNI, Polri, Instansi Pemerintah, Lurah, Kader, RT, RW dan warga masyarakat.

“Sebelumnya sudah di kelurahan Paminggir dan sekarang di Pakuwon ini kita tanam 500 pohon lebih, terdiri dari tanaman kayu keras dan buah-buahan,” beber Camat.

Sementara Kapolsek Garut Kota Kompol H Uus Susilo, menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat agar menjaga tanaman tersebut agar bisa tumbuh dengan baik.

“Tanaman ini kan sangat bermanfaat terutama bila terjadi pengikisan tanah atau erosi, kita semua tahu sungai Cimanuk pernah terjadi banjir. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita bisa mengantisipasi terjadi pengikisan tanah dan banjir di bantaran sungai ini,” kata Kapolsek.

Ia juga menjelaskan, kalau tanaman pohon ini dipelihara dengan baik, kedepan masyarakat dapat merasakan manfaatnya disamping mengantisipasi bencana banjir, ada tanaman buah-buahan yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Kita juga sengaja mengajak anak-anak dalam program penanaman pohon ini, agar mereka kelak dewasa melakukan hal yang sama seperti saat ini. Sekali lagi saya titip kepada warga masyarakat untuk memelihara, disamping itu saya tekankan juga kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat supaya ikut mengontrol dan mengawali pohon-pohon tersebut,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *