Peringati Upacara HKN Ke-55, Bupati Garut Bacakan Sambutan Menteri Kesehatan RI

FOKUS1,404 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut melaksanakan Apel Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 dengan mengusung tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Setda dan dipimpin oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH pada Senin, (18/11).

Kegiatan Apel Peringatan HKN ke-55 diikuti oleh Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, Sekda Ir H Deni Suherlan M Si, para Assisten Daerah, Kepala SKPD dan ASN di lingkungan Pemkab Garut.

Bupati Garut yang memimpin langsung Apel HKN ke-55 menyampaikan amanat Menteri Kesehatan yang mengatakan tema Hari Kesehatan Nasional kali ini menegaskan arahan Presiden Indonesia, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.

“Sementara ada dua isu kesehatan yang lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal tersebut menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan,” ucapnya.

Rudy melanjutkan, keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia setiap tahun, di mana salah satu parameter yang di ukur adalah usia harapan hidup.

“Namun, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleks masalah stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar,” ujar Rudy Gunawan.

Bupati Garut juga menyampaikan harapan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan untuk menitik beratkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekat untuk memajukan bangsa.

“Untuk itu saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat presiden, khususnya membenahi stanting, tata kelola BPJS Kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan,” pungkasnya.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional yang Ke-55 ini, Pemerintah Kabupaten Garut memberikan penghargaan kepada para pegawai Kesehatan, Inspektorat dan Forum Garut sehat. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *