oleh

Kontes Ayam Pelung : Ngamumule Lembur Ngariksa Budaya

HARIANGARUTNEWS.COM – Kontes Ayam Pelung Eksibisi tingkat Provinsi Garut Timur Cup di ikuti oleh l.350 peserta perwakilan dari berbagai Kota/Kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam kontest ini dibagi menjadi 6 season.

Dari 350 yang masuk final sebnayk 50 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota setelah di nilai oleh juri yang memiliki keahlian dalam bidang ayam pelung. Acara ini diselenggarakan di Kabupaten Garut di gagas oleh Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI), yang diketuai bapak Dayat Hindaryana (mantan hakim pengadilan negeri Garut).

“Setiap kegiatan kejuaraan murni dari swadaya keanggotaan tidak bersponsor dari pihak manapun. HIPPAPI sudah berdiri sejak tahun sembilan puluhan, dari mula makin banyaknya penggemar ayam pelung sampai akhirnya ada kesepakatan untuk membudidayakan dan membentuk komunitasnya,” ujar Penasihat HIPPAPI Ahmad Syaripudin, Minggu (17/11/2019)

Dikatakannya, kegiatan di kabupaten Garut ini merupakan kegiatan ke 5 kali dari tahun 2015. Adapun yang diperlombakan diantaranya kategori bobot, kategori penampilan dan kategori suara. Masing masing ada penilaian tersendiri, untuk penilaiannya dilibatkan juri perwakilan dari tiap Kabupaten/Kota.

“Setiap Kabupaten/Kota sudah memiliki DPD sampai DPC untuk tingkat kacamatan. Agenda ini sejak tahun 2015, dirutinkan tiap tahun sebagai wahana menjalin silaturahmi antar komunitas dan juga membudidayakan ayam pelung jangan sampai punah. Biasanya agenda digelar setelah tahun baru Islam, atau peringatan hari besar lainnya,” Kata Ahmad Syaripudin.

Gebyar acara ini kata Ahmad, untuk Ngamumule Lembur Ngariksa Budaya. Selain menjaga dari kepunahan juga untuk menjaga kualitas ayam pelung itu sendiri serta sebagai penyemangat. Panitia menyediakan hadiah utama sepeda motor dan 2 ekor domba Garut, serta hadiah doorprize lainnya.

“Selain berbagai hadiah yang fantastik, peserta yang masuk nominasi penilaian juga diberikan uang pembinaan,” ucapnya. (Irwan Wijaya)***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru