Eratkan Silaturahmi, Kapolres Garut Gelar Makan Malam dengan Jurnalis

HALO POLISI1,165 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Polres Garut menggelar Silaturahmi bersama sejumlah wartawan Se-Kabupaten Garut, Senin (18/11) malam di Resto Muara Sunda, Kecamatan Garut Kota. Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah, S.IK M.IK beserta PJU Polres Garut, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr.(Han), Kapolsek Garut Kota Kompol H Uus Susilo SE dan puluhan wartawan dari media cetak, online, elektronik dan radio.

Kapolres Garut mengungkapkan, manajemen media dinilai sangat penting untuk institusi Polri. Karena melalui media, kegiatan Polri dapat diinformasikan pada masyarakat. Meski tanpa disorot media, kata Dede, pada dasarnya Polri tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun, keberadaan media haruslah tetap netral dengan mengedepankan azas keadilan untuk masyarakat.

“Kesempatan ini ingin saya gunakan untuk timbal balik. Media sudah banyak membantu. Termasuk saat menghadapi Pilkades Serentak Gelombang III beberapa waktu lalu, saya berharap media bisa tetap menginformasikan berita yang berimbang dan netral,” ungkap AKBP Dede Yudy Ferdiansyah.

Selain itu, kata Kapolres Garut, media memiliki peran yang strategis untuk mengelola emosi masyarakat. Apalagi perkembangan saat ini banyak media sosial yang turut mendongkrak informasi, sehingga masyarakat dapat lebih mudah menerima berita.

“Media pandai mengola emosi masyarakat. Karena melihat dari satu hal bisa disampaikan dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Ini yang perlu kita satu persepsinya agar masyarakat tetap kondusif dan tidak terpecah belah. Saya berharap, wartawan senantiasa membuat tulisan yang menarik dan menginspirasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Reformasi Indonesia (PWRI) Kabupaten Garut, Agus Prasetyo mewakili wartawan mengatakan, ada satu kutipan dalam sebuah buku siapa yang menguasai informasi, dialah yang mampu menguasai dunia. Begitu pentingnya sebuah informasi bagi seseorang, ucapnya.

“Namun seiring perkembangan jaman, media begitu canggih dan mudahnya diakses melalui gadget. Akan tetapi sebagai masyarakat harus mampu memilah mana berita yang benar-benar valid dan bukan informasi hoax. Karena saat ini dicanggihnya media informasi, banyak pula berita hoax,” ujar Agus.

Agus menambahkan, koordinasi dan komunikasi menjadi hal vital dalam menjalin kerjasama. Untuk itu, kegiatan silaturahmi perlu dinilai sangat penting dan perlu diagendakan kembali dan berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan ini, kata dia, diharapkan hubungan baik antara pihak Kepolisian dan awak media dapat selalu terjaga. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *