Legislator PKB Garut, Iden Sambas Dukung Kebangkitan Seni Qasidah

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,387 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Keberadaan seni qasidah memiliki nilai seni yang sangat strategis dalam pembinaan umat Islam. Melalui lantunan syair dan lagu religius bisa berperan sebagai media dakwah dalam menyiarkan nilai-nilai Islam. Namun, seiring dengan jaman yang era digital seni qasidah sudah mulai redup. Padahal kesenian ini sangat memiliki nilai agama.

Guna mendorong dan berkembang seni qasidah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, peran Pemerintah khususnya SKPD terkait dalam hal ini Disparbud serta Kementrian Agama, harus benar-benar memperhatikan termasuk pada organisasi yang menaungi seni qasidah, Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI).

” Lembaga LASQI Garut harus maju dan berkembang dalam memelihara serta mebangkitkan kembali seni qasidah,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Garut, H. Iden Sambas, S.Pd.I, Jum’at (27/9/2019).

Iden menuturkan, keberadaan lembaga LASQI Kabupaten Garut, harus mendapatkan dukungan termasuk dari Pemerintah Kabupaten Garut. Telah terbukti banyak penyanyi qasidah yang telah berkiprah di kancah nasional, yakni Gita KDI, Eva Stardut. Mereka mengawali dunia kesenian sebagai vokalis di Qasidah.

” Saya siap untik membantu semaksimal mungkin untuk kemajuan lembaga LASQI Garut. Soalnya, banyak potensi yang bisa digali dan menghasilkan kembali artis qasidah dan berkpirah di kancah nasional,” katanya.

Ia juga berharap, sekarang ini banyak kesempatan untuk kembali membangkitkan seni qasidah. Yang mana banyak TV Swasta yang kembali menayangkan seni qasidah. Langkah tersebut lebih memperkenalkan dan mendekatkan seni qasidah tradisional pada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Garut. Pungkasnya. (Tresiyana)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *