Wakil Bupati Garut Hadiri Jambore Desa di Ciamis

FOKUS1,356 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, datang menghadiri Jambore Desa 2019 di Kecamatan Lakbok Ciamis pada Jumat-Sabtu, 27-28 September 2019. Dalam acara tersebut, 6.000 kepala Desa dan lurah se-Jawa Barat berkumpul untuk berdialog dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait dengan program-program desa.

Didampingi Kepala DPMD Kabupaten Garut, H Aji Sukarmaji M Si, Wakil Bupati Garut menuturkan, Jambore Desa bertujuan sebagai ajang evaluasi program desa oleh gubernur dan kepala daerah kota kabupaten. Dengan tema “Ciri Sabumi Cara Sadesa Bersama Membangun Menuju Jabar Juara”, kata Helmi, artinya sebuah bentuk kebersamaaan dalam mewujudkan pembangunan untuk menuju Jawa Barat Juara, khususnya di Kabupaten Garut.

“Ini merupakan event kolaborasi antara pemerintah daerah dan Provinsi. Melalui Jambore Desa ini kepala desa bisa berkomunikasi langsung dengan pemimpin daerah. Gubernur dan kades bisa berkomunikasi dengan baik lewat event ini,” tutur Helmi, Jumat (27/09).

Wabup melanjutkan, dalam Jambore desa dan kelurahan ini juga akan ada dialog. Apa makna pembangunan di desa, apa upaya pemerintah provinsi bangun desa karena pemerintah akan membangun dari pinggiran, mewujudkan desa juara. Selain dialog akan ada lomba cepat tepat tentang UU Desa. Kedepannya, Wabup berharap kegiatan JaDe ini bisa digelar di Kabupaten Garut.

“Kita ingin perangkat desa memahami regulasi. Meski kita lihat sejak 2014 UU Desa diterbitkan sudah ada peraturan pelaksana perundang-undangan. Tentu perlu pemahaman optimal ketika desa banyak diberikan fasilitas keuangan makan perlu dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *