Sambut Lahirnya Kabupaten Baru, Masyarakat Garsel Gelar Gebyar

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,403 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ribuan masyarakat Garut Selatan penuh sesak di lapang Kiara Kohok, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Mereka hadir dalam acara Gebyar Masyarakat Garut Selatan menyongsong lahirnya Kabupaten Baru yakni Garut Selatan. hadir Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Presidium, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Anggota DPRD Garut yang berasal dari Daerah Pemilihan Garut Selatan.

Warga Kecamatan Cibalong Eka Mulki, saat menghadiri acara dilokasi kegiatan mengatakan, DOB sangat diharapkan oleh warga di Garut Selatan, dan hal ini ingin segera terwujud.

“Semoga dengan adanya Gebyar Masyarakat Garut Selatan, DOB bisa terwujud dan mendapatkan perhatian khusus dari Presiden RI, Joko Widodo, yang saat ini masih belum mencabut moratorium DOB,” ujar Eka Mulki, Minggu (15/19)

Eka mengaku, Kabupaten Garut Selatan yang terdiri dari beberapa Kecamatan, sudah sangat dinantikan oleh warga untuk menjadi daerah otonomi baru. Yang mana ingin segera pemekaran dari Kabupaten induk, yakni Kabupaten Garut. Kalau sudah terjadi DOB, segala bentuk pelayanan masyarakat akan cepat serta perekonomian kan maju.

“Ada beberapa potensi daerah yang bisa menjadi salah satu pendapatan dalam menopang pemerintahan baru. Yang mana salah satunya sektor pariwisata. Pembanguanan insfratruktur akan cepat termasuk pelayanan kesehatan,” beber Eka.

Terpisah Anggota DPRD Garut dari Fraksi Golkar, Aris Munandar, mengatakan, sangat mendukung dengan proses DOB Garut Selatan untuk segera memisahkan diri. Sebagai wakil rakyat dirinya mengapresiasi dan merespon sepenuhnya, agar Garut Selatan segera dimekarkan.

Lanjut Aris, pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi dan beberapa pertimbangan untuk memisahkan diri. Pemerataan hidup yang selama ini masih jauh di bandingkan dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Garut, agar pelayanan publik lebih dekat, misalnya soal pembuatan SIM, atau pembayaran pajak dan lebih tergali nya potensi alam khusus nya di bidang pariwisata.

“Sarana insfratruktur penunjang yang ada di Garsel sudah siap karena beberapa penunjang lainnya. Adanya rumah sakit, universitas, termasuk pada tahun 2020 mendatang Pemerintah Kabupaten Garut akan menganggarkan untuk pembangunan Pendopo yang menjadi pusat ibu kota Garut Selatan,” kata Aris.

Ia juga bersama seluruh Anggota DPRD Garut yang berasal dari Garsel, menyepakati dan akan mengawal lahirnya Kabupaten Garut Selatan sampai tuntas, serta siap koordinasi dengan para petinggi elit politik yang berada di Senayan. Karna kami yakin setiap partai ada yang mewakilinya di sana.

“Kami sangat yakin elit politik yang ada di Senayan akan mendukung langkah lahirnya Kabupaten baru,”

Selain elit politik yang ada di Senayan, terang Aris, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi, akan ikut membantu dalam memperjuangkan DOB Garsel. Mengingat, mantan Bupati Purwakarta ini sekarang terpilih menjadi wakil rakyat yang duduk di Senayan.

“Kang Dedi sangat mendukung terkait rencana DOB di beberapa Kabupaten di Jawa Barat,” pungkasnya.

Reporter    : (Firman)***

Editor        : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *