Srikandi Garut Siap Kontribusi, Pemkab Jangan Lirik Sebelah Mata

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,674 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) gelar pengukuhan dan deklarasi Srikandi Paguyuban Sundawani Kabupaten Garut, serta lomba senam dan aerobic, di Perum Mekar Jaya Jl Cimanuk, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (07/09). Mengambil tema “Srikandi Siliwangi, Wanoja Sajati, Wanoja Mandiri, Wanoja Ngabdi ka Nagri”.

Hadir Kabid Humas Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat SH M Si, Camat Garut Kota Drs Bambang Hafidz M Si, mewakili Ketua DPD Asep Hendro, Sekjen DPD Sundawani Kabupaten Garut Bastari, serta pengurus DPD, Ketua Pelaksana Kegiatan Mira Bahari Ambarawa Oktavianus dan undangan lainnya.

Ketua pelaksana Kegiatan Mira Bahari Ambarawa Oktavianus, didampingi Ketua Srikandi terpilih Oktaviani, disela kegiatan menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah deklarasi Srikandi Sundawani DPD Kabupaten Garut. Hal ini penting dilakukan karena keberadaan Srikandi Sundawani sudah ada tapi vakum kegiatan, dan hari ini yang akan menjadi cikal bakal lahirnya kembali Srikandi Sundawani Kabupaten Garut.

“Ini sengaja dibuat beda dengan yang lain, dimana deklarasi digabungkan dengan kegiatan lomba senam aerobik. Ini bertujuan untuk memunculkan potensi yang ada pada srikandi-srikandi, terutama yang ingin dimunculkan kreatifitas dari ibu-ibu pedesaan,” ucap Mira.

Lanjut Mira, yang menonjol saat ini kreativitasnya ada pada senam. Diharapkan para ibu-ibu harus berani maju, berani melakukan sesuati agar jangan sampai selalu menjadi underbow, mereka harus jadi inspirasi bagi yang lainnya.

“Srikandi Sundawani sebetulnya sudah lama ada, sejak adanya organisasi Sundawani, namun untuk di Garut, baru saat ini muncul. Srikandi ini dari berbagai profesi, ada komunitas musik, kelompok senam, ibu-ibu pedesaan, kader TP PKK, pengusaha dan lain-lain, dan semuanya kami sinergiskan dalam program-program kerja Paguyuban Srikandi Sundawani Garut,” beber Mira.

Mia mengaku, Srikandi ini sengaja di deklarasikan, agar semua warga Garut tahu, termasuk para pemangku kebijakan, stakeholder yang ada di Kabupaten Garut. Target kami adalah membangun para srikandi-srikandi yang ada bisa mandiri, memiliki daya tawar yang kuat, berkontribusi terhadap kepentingan negara dan bangsa serta masyarakat.

Mira berharap ini akan meningkatkan sumber daya manusia para srikandi, sesuai kapasitas dan fashion masing-masing. Dibulan Oktober mendatang, Paguyuban Srikandi Sundawani sudah punya agenda bertemu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, memang sedikit berbeda dengan agenda pembahasan wisata underground. Karena di Garut gudangnya musisi underground dan ini sudah mendunia.

“Selama ini pemerintah belum melirik kesana, kami survipe pun tak dilirik sebelah mata, padahal kita telah memberikan banyak kontribusi untuk Garut. Betul kita sub kultur, betul kita termarginalkan, tapi kami tidak pernah menyerap anggaran pemerintah untuk kegiatan komunitas. InshaAllah sudah dapat restu dari ketua DPD Sundawani Garut, kita akan buat even yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata di bulan depan, saya berharap ada keberpihakan dalam program kepada perempuan-perempuan di Kabupaten Garut, tidak kaku dan tidak baku terhadap program yang ada,” pungkasnya.

Sementara Camat Garut Kota, Drs Bambang Hafidz M Si, menyambut baik atas penyelenggaraan acara. Mudah-mudahan keberadaan Srikandi Sundawani diharapkan bisa berkontribusi dan berdampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Garut.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Garut, mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada para Srikandi Sundawani, mudah-mudahan kita bisa bekerjasama dalam program pembangunan di Kabupaten Garut,” tutur Camat Garut Kota.

Reporter    : (Hany)***

Editor          : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *