Wabup Helmi, Hindari Penggunaan Kantong Plastik

FOKUS, MIMBAR EDUKASI1,393 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut,dr. Helmi Budiman, angkat bicara terkait banyaknya  penggunaan kantong plastik yang dinilai sangat merugikan lingkungan. Dikarenakan kantong plastik tergolong barang sekali pakai sehingga dapat memperbanyak sampah, dalam satu tahun, 1 triliun kantong plastik yang digunakan oleh dunia setiap orang menggunakan sekitar 170 kantong plastik tiap tahun ini berarti setiap satu menitnya 2 juta kantong plastik yang dibuang.

Kantong plastik baru bisa terurai dialam dalam waktu 500 – 1000 tahun. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Sabtu (27/7/2019) saat menghadiri acara giring bola bersama anak – anak Kabupaten Garut bertempat di  jalan Ahmad Yani Kecamatan Garut Kota.

Dikatakannya, sebentar lagi kita akan merayakan hari raya idul adha kepada dkm mesjid ataupun panitia qurban di seluruh Garut ayo bergerak bersama meminimalisir penggunaan kantong plastik menggantinya dengan kantong kain yang ramah lingkungan atau dengan peralatan tradisional seperti besek bambu atau lebih dikenal ( Pipiti )
Bantu selamatkan bumi dengan membawa tas sendiri saat berbelanja ke supermarket atau ke pasar tradisional.

“Kurangi penggunaan kantong plastik keresek sekarang juga jika belum dapat menghentikan secara total lakukanlah secara bertahap,anjurkan keluarga ,teman,dan tetangga untuk mengurangi pemakaian kantong plastik dengan menjelaskan bahaya pemakaian kantong plastik jadilah agen penyelamat lingkungan dengan mengubah kebiasaan kecil, kita akan berkontribusi dalam pelestarian lingkungan,” ucapnya.

Jika hanya membeli sedikit tolaklah pemberian kantong plastik dari toko dan masukan barang belanjaan kedalam tas anda sendiri ingat kantong keresek adalah bonus yang gak berguna. (Yogi Budiman)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *