Wakil Bupati Garut Minta Panitia Qurban Hindari Plastik Gunakan Besek

GARUT KOTA720 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, angkat bicara terkait banyaknya penggunaan kantong plastik yang dinilai sangat merugikan lingkungan, dikarenakan kantong plastik tergolong barang sekali pakai sehingga dapat memperbanyak sampah.

“Dalam satu tahun, ada sekitar 1 triliun kantong plastik yang digunakan oleh penduduk dunia. Artinya, setiap satu menitnya dua juta kantong plastik yang dibuang. Padahal kantong plastik baru bisa terurai dialam dalam waktu 500 hingga 1000 tahun,” ungkap Helmi saat menghadiri acara giring bola diĀ  Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Sabtu (27/07).

Sebentar lagi, sambung Helmi, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Dirinya menghimbau kepada para DKM ataupun Panitia Qurban di seluruh Kabupaten Garut agar meminimalisir penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan kantong kainĀ  yang ramah lingkungan atau dengan peralatan tradisional seperti besek bambu atau lebih dikenal pipiti.

“Terkait dengan penyelenggaraan Idul Adha untuk menggunakan pembungkus tidak dari plastik yang sekali pakai, tapi menggunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang. Bantu selamatkan bumi dengan membawa tas sendiri saat berbelanja ke supermarket atau ke pasar tradisional. Kurangi penggunaan kantong plastik keresek sekarang juga jika belum dapat menghentikan secara total lakukanlah secara bertahap. Anjurkan keluarga, teman, dan tetangga untuk mengurangi pemakaian kantong plastik dengan menjelaskan bahaya pemakaian kantong plastik,” papar Helmi Budiman.

Wabup menambahkan, agar masyarakat Kabupaten Garut menjadi agen penyelamat lingkungan dengan mengubah kebiasaan kecil, ini akan berdampak dalam pelestarian lingkungan. Jika hanya membeli sedikit, imbuh Wabup, tolaklah pemberian kantong plastik dari toko dan masukan barang belanjaan kedalam tas, ingat kantong keresek adalah bonus yang gak berguna, pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *