Pj. Bupati Hadiri Rapat Kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Barnas : Pentingnya Pengelolaan Sarpras dan Anggaran untuk Gerakan Pramuka

FOKUS1,797 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, menggelar Rapat Kerja (Raker) sekaligus Pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Pergantian Antar Waktu (PAW) dan penyerahan 42 unit komputer kepada Kwartir Ranting di Aula Bank Bjb Cabang Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Selasa (20/02/2024).

Ketua Penyelenggara, Drs. Totong dalam laporannya mengatakan Raker tersebut untuk mengambil kesepakatan secara bersama dan diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah percepatan dan program kegiatan yang jelas untuk tahun 2024 dan lima tahun ke depan.

“Raker ini juga termasuk menjadi wadah menerima masukan, saran, dan evaluasi untuk Program Kerja Tahun 2024 yang akan segera dihadapi,” ujar Totong.

Ia menambahkan, pihaknya meminta pemaparan Program Kerja 2024, sejalan dan searah dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan pemerintah. Oleh karena itu, dirinya meminta agar jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Garut melakukan persiapan secara matang terhadap setiap agenda yang akan dilangsungkan.

“Kita harapkan dengan pemaparan program kerja apa saja yang menjadi agenda ke depannya dapat terlaksana dengan maksimal,” ujar Totong.

Foto bersama Pj. Bupati Garut

Pj. Bupati Garut selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Drs. Barnas Ajidin M.M, M.MPd, saat memberikan sambutan, arahan sekaligus membuka Rapat Kerja, menyampaikan apresiasi kepada Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter dan kreativitas generasi muda.

Pj. Bupati menekankan pentingnya peran Pramuka dalam menciptakan manusia yang bertanggung jawab, berkontribusi pada kekondusipan wilayah, serta mendukung berbagai sektor seperti bencana dan lalu lintas. Barnas juga mengingatkan pentingnya pengelolaan sarana dan prasarana serta anggaran yang memadai agar Gerakan Pramuka dapat terus memberikan kontribusi positif.

“Pramuka itu luar biasa karena punya kekuatan yang bisa menciptakan kreativitas, manusia yang bertanggung jawab, dan kontribusi positif pada wilayahnya. Kita dihadapkan pada tantangan teknologi dan perubahan yang cepat, sehingga peran kita sebagai penanggung jawab untuk membentuk generasi yang kompetitif sangatlah penting,” ujar Pj. Bupati Garut.

 

 

Sementara, Ketua Kwarcab Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah telah memberikan amanah yang sangat luar biasa untuk melahirkan anak-anak bangsa yang berkualitas, berahklak mulia, berkepribadian yang jujur disiplin dan pemerintah menyadari bahwa pendidikan formal tidak cukup untuk memberikan hal yang terkait membangun karakter kepribadian.

“Oleh karenanya Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda menjadi kader pembangunan yang bermoral Pancasila dengan berdasar kepada Tri Satya Dasa Darma Pramuka yang mampu berperan serta dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. Kami harap, Rapat Kerja ini dapat memberikan hasil yang terbaik,” tandas Helmi Budiman.

Ketua Kwarcab Garut mendorong agar Rapat Kerja Gerakan Kwarcab Garut dapat merumuskan program dan kebijakan organisasi, serta menjadi kesempatan untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Tentunya saya mengharapkan agar Gerakan Pramuka Kabupaten Garut mampu berbenah diri dan tampil menjadi salah satu pilihan terhadap kebutuhan adanya kegiatan yang edukatif, yang dapat mendukung upaya kita meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Pj. Bupati Garut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Andalan Penataan Organisasi dan Kajian Hukum Kepramukaan atau Orgakum Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat, Pimpinan Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Garut, Pimpinan Kwartir Cabang Garut, para Wakil Ketua Bidang Kwarcab Garut, para Sekretaris Bidang Kwarcab Garut, Andalan, LPK Kwarcab Garut, Ketua Dewan Kerja Cabang Garut (DKC), serta Ketua Kwartir Ranting se-Kabupaten Garut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *