Sinergitas Mitra Polri, Pokdarkamtibmas dan FKPM Polres Garut Siap Amankan Agenda Pemilu 2024

HALO POLISI1,790 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemilihan Umum (Pemilu) adalah momen penting dalam kehidupan demokratis suatu negara. Untuk memastikan bahwa setiap pemilu berjalan dengan aman dan tertib, serta mencegah potensi gangguan dan konflik, peran masyarakat sangat diperlukan.

Berkenaan dengan itu, sebagai Mitra Polri, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Polres Garut dan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Lodaya Korwil Polres Garut, telah mengambil inisiatif untuk guna meningkatkan pengamanan Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut, Igie N. Rukmana S.Kom dan Ketua FKPM Lodaya Korwil Polres Garut, Ajat S. Kurnia, disela-sela kegiatan usai melantik Pengurus FKPM Lodaya Sub Sektor Sukaresmi Masa Bhakti 2024-2029 di Aula Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Kamis (08/02/2024).

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom

“Kami akan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya untuk memastikan ketertiban dan keamanan di lingkungan. Dalam konteks Pemilu, kami sebagai Mitra Polri berperan penting dalam mengawasi, mengamankan, dan melaporkan situasi yang berkaitan dengan keamanan selama proses pemungutan suara,” ujar Ketua FKPM Polres Garut.

Ajat menuturkan, dalam peningkatan kesadaran, pihaknya telah melakukan pembinaan kepada anggota FKPM dan diberikan pengetahuan tentang peran serta tanggung jawab mereka dalam pengamanan Pemilu. Mereka juga memahami pentingnya keamanan dalam konteks demokrasi.

Sementara Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut, Igie N. Rukmana menyampaikan, Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.IK., M.Si, melalui Kasat Binmas Polres Garut, AKP. Hasan Sadikin SH, telah memerintahkan kepada seluruh Mitra Polri baik Pokdarkamtibmas, FKPM, Dai Kamtibmas, Senkom, Sahabat Polisi dan lainnya agar turur berperan serta dalam pengamanan Pemilu 2024.

“Kolaborasi antara pihak kepolisian dan Mitra Polri dapat meningkatkan pengamanan dalam proses demokrasi. Ini membantu memastikan bahwa setiap Pemilu berjalan aman, adil, dan damai, serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap proses demokratis. Semoga upaya kami ini menginspirasi pihak lain untuk mengadopsi praktik yang serupa dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan selama pemilihan,” terang Igie, yang juga Pimpinan Redaksi Harian Garut News ini.

Igie menambahkan, Pokdarkamtibmas Polres Garut sudah melakukan bimbingan kepada seluruh jajaran untuk memungkinkan anggota Pokdar dan aparat keamanan berkoordinasi dengan lebih baik. Dalam pengamanan Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024, kata Dia, anggota Pokdar telah dibekali belajar cara melaporkan insiden, mengatasi situasi darurat, dan berkomunikasi secara efektif.

“Selain memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran kamtibmas dan hukum, kami juga membangun komunikasi efektif dan intensif dengan masyarakat guna mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun ini. Adapun dalam menghadapi pesta demokrasi kami telah meningkatan keterampilan yang berkaitan dengan pengamanan, seperti pengawasan, patroli, dan pengendalian kerumunan,” pungkas Ketua Pokdarkamtibmas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *