Pengurus FKPM Lodaya Sub Sektor Sukaresmi Garut Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Ini Pesan Camat

HALO POLISI1,723 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kapolsek Cisurupan melalui Kapol Sub Sektor Sukaresmi, Polsek Cisurupan, Polres Garut bersama Pengurus Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) Lodaya Korwil Polres Garut, menggelar Pelantikan Pengurus FKPM Lodaya Sub Sektor Sukaresmi Masa Bhakti 2024-2029 di Aula Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Kamis (08/02/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Sukaresmi, Iis Rahmawati S STP M Ak, Kapol Sub Sektor Polsek Cisurupan, Ipda Abdurohman, Ketua FKPM Lodaya Korwil Polres Garut, Ajat S. Kurnia beserta jajaran, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana S.Kom, para pengurus FKPM Lodaya Sektor Se-Wiayah Hukum Polres Garut, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya.

Camat Sukaresmi yang hadir dalam pengukuhan tersebut mengatakan, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas sangat diperlukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Jumlah penduduk Sukaresmi, imbuh Camat, sekitar 40 ribu jiwa dengan berbagai latar belakang sangat berpotensi munculnya kerawanan dalam bersosial kemasyarakatan.

Prosesi pelantikan, Kapol Sub Sektor Polsek Cisurupan, Ipda Abdurohman, menyematkan pin kepada Ketua FKPM Lodaya Sub Sektor Sukaresmi.

“Kami pihak pemerintah mengapresiasi dan menyambut positif kegiatan pelantikan ini agar tercipta lingkungan yang aman sesuai keinginan kita semua. Olehnya itu kami berharap, FKPM dapat menjadi solusi bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan yang ada di Kecamatan Sukaresmi,” ujar Camat Iis dalam sambutannya.

Lanjut orang nomor satu di Sukaresmi ini, dirinya berharap jajaran FKPM mengambil peran untuk turut mensukseskan dan bisa membantu pemerintah dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang, seperti meningkatkan partisipasi pemilih di Kecamatan Sukaresmi.

“Salah satu suksesnya pesta demokrasi yaitu angka partisipasi Pemilih yang tinggi. Oleh karena itu, saya berharap FKPM mengambil peran. Semua institusi diperbolehkan dalam UU untuk bisa berkontribusi dan berpartisipasi dalam pemilu. Yang penting tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” tandas Camat Sukaresmi.

Camat Sukaresmi, Iis Rahmawati S STP M Ak

Pada kesempatan ini, sama-sama sebagai mitra polisi dan masyarakat, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus FKPM Lodaya Sub Sektor Sukaresmi. Ia berharap kepada jajaran FKPM untuk tetap membantu Pemerintah menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Garut, khususnya di Sub Sektor Sukaresmi Polsek Cisurupan.

“Pokdarkamtibmas dan FKPM sama-sama lahir dari rahim Polri, mari kita ciptakan situasi Kamtibmas yang kondisif. Kita dibentuk melalui kesadaran serta kepedulian masyarakat tanpa mengharapkan imbalan. Tidak akan mungkin 1 orang Bhabinkamtibmas mampu memelihara keamanan di suatu Kelurahan atau Desa tanpa adanya bantuan dari FKPM. Sehingga diharapkan dengan dilantiknya pengurus ini kondusifitas di lingkungan masyarakat Sukaresmi semakin meningkat,” ungkap Igie.

Ia menambahkan, pelantikan dan pengukuhan ini tentunya bertujuan untuk memberikan wewenang dan tanggung jawab kepada FKPM dalam menjalankan tugasnya sebagai mitra kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, bantu TNI/Polri dan Pemerintah agar keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Sukaresmi tetap terpelihara secara kondusif, tukasnya.

Kapol Sub Sektor Polsek Cisurupan, Ipda Abdurohman.

‘FKPM selain bertujuan untuk mencegah dan menangani kejahatan dengan cara mempelajari karakteristik maupun permasalahan yang ada dalam lingkungan tertentu, juga sebagai wahana komunikasi atau kerjasama yang dibangun antara masyarakat dengan polisi. Artinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban, kita harus hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” pungkas Igie

Sementara itu, menanggapi arahan Camat Sukaresmi, Ketua FKPM Lodaya Korwil Polres Garut, Ajat S. Kurnia, akan meminta kepada semua jajaran hingga ke tingkat desa dan kelurahan untuk ikut membantu pemerintah. Baik dalam upaya Harkamtibmas maupun peningkatan partisipasi pemilih terutama untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Garut.

“Saya mau tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih ditingkatkan. Kita harus ambil bagian, kalau ada kendala laporkan, saya siap memfasilitasi,” tegas Ajat S. Kurnia.

Masih dalam sambutannya, Ajat mengungkapkan bahwa pelantikan ini merupakan langkah lanjutan dari pembentukan kepengurusan FKPM yang telah dilakukan pada 33 Polsek Se-Polres Garut.

“Acara pelantikan ini sekaligus sebagai penguatan secara kelembagaan karena pada dasarnya FKPM setelah terbentuk telah memberikan sumbangsihnya bagi masyarakat Garut baik dalam hal kegiatan sosial pemikiran maupun bantuan tenaga,” jelas Ajat.

Mewakili Kapolsek Cisurupan, Kapol Sub Sektor Polsek Cisurupan, Ipda Abdurohman, usai melantik memberikan apresiasinya terhadap kinerja FKPM Sukaresmi yang selama ini telah membantu aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sukaresmi.

“FKPM adalah kepanjangan tangan dari aparat kepolisian, sekaligus sebagai penghubung antara masyarakat dan kepolisan di mana kiprahnya selain menjaga keamanan dan ketertiban, ke depannya bisa bersinergi dan berinovasi dengan melakukan koordinasi lintas sektoral, sehingga keberadaannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Ipda Abdurohman.

Hadir pengurus dan anggota FKPM Se-Wilayah Hukum Polres Garut

Ia juga mengingatkan bahwa menjadi anggota FKPM membawa konsekuensi yang tidak ringan dan harus mencerminkan ketulusan, keiklhasan, dapat menjaga perilaku, dan harus menjadi suri tauladan di tengah-tengah masyarakat. Ipda Abdurohman berpesan agar anggota FKPM berjuang secara tulus iklhas membantu kepada sesama.

“Jangan sampai menjadi anggota FKPM melakukan hal-hal yang tidak baik atau justru melanggar hukum. Jangan lelah dan jangan bosan untuk terus berbuat baik mengabdi kepada masyarakat,” kata Abdurohman.

Selain itu, Ia mengingatkan bahwa FKPM sebagai kepanjangan tangan aparat agar mampu menyeleaikan permasalahan hukum di masyarakat secara proporsional.

“Permasalahan yang kecil janganlah dibesar-besarkan, upayakan agar selesai dengan jalan kekeluargaan. Sebaliknya, masalah yang besar jangan dianggap kecil karena sudah masuk ke ranah hukum yang diselesaikan oleh pihak kepolisian,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *