Bersama GANNA dan SAI Study Group Bandung, Wakil Bupati Garut beserta dr. Hani Firdiani Serahkan 40 Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas

FOKUS2,502 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bersama pengurus DPD Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) Kabupaten Garut dan Yayasan SAI STUDY Group Bandung, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, secara langsung menyerahkan bantuan berupa kursi roda, sembako dan santunan kepada 40 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Garut. Bantuan sosial tersebut diserahkan di Gedung Pendopo, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Rabu (17/01/2024).

Dengan didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Garut, dr. Hani Firdiani, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut, Drs. H. Aji Sukarmaji M.Si, Kabag Kesra Setda Kabupaten Garut, Dra. Mekarwati M.Si, Kabid Rehabilitasi Sosial, Dadang Bunyamin, Kabid Rehabilitasi Sosial, Galih Mawariz, Camat Cilawu Drs. Anas Aulia Malik, Pengurus Yayasan SAI Study Group Bandung, I Made Darsana Giri dan rekan, Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom beserta pengurus, Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Garut, H. Zakaria, para Kepala Desa dan perangkat, Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Garut, 40 Penyandang Disabilitas serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Garut beserta isteri, dr. Hani Firdiani berdialog dengan keluarga penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak terkhusus kepada Yayasan SAI Study Group Bandung dan DPD GANNA Kabupaten Garut yang telah menyalurkan dan memfasilitasi bantuan sosial untuk masyarakat Kabupaten Garut tersebut.

“Ini wujud kepedulian SAI Study Group Bandung dan Pengggiat Anti Narkoba DPD GANNA Kabupaten Garut yang telah membantu masyarakat khususnya para penyandang disabilitas. Kegiatan sosial ini harus terus ditingkatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Wakil Bupati Garut.

Saat menyerahkan bantuan kursi roda tersebut, dengan sosok merakyatnya, Wakil Bupati didampingi isteri dr. Hani Firdiani, ikut membantu mengangkat salah seorang penyandang disabilitas pindah ke kursi roda. Sembari menyerahkan kursi roda, sembako dan santunan, Wabup Helmi juga berdialog dengan keluarga penerima. Ia berharap bantuan itu dapat memberi semangat kepada warga penerima bantuan, setidaknya mereka bisa menggunakannya untuk beraktivitas di lingkungan rumah.

Sosok pejabat yang merakyat, banyak warga terharu setelah bertemu dengan Wakil Bupati Garut.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat, semoga semuanya tetap sehat-sehat ya, kita saling sama-sama mendoakan,” ucap Helmi Budiman saat menyerahkan bantuan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada sanak keluarga yang telah mengantar penerima ke Pendopo Kabupaten Garut untuk menerima bantuan kursi roda. Wakil Bupati Garut dua periode yang akan mengakhiri jabatannya pada 23 Januari 2024 nanti ini, menyampaikan undur diri dan permohonan maaf selama dirinya menjabat dan menyempatkan menyapa masyarakat serta berfoto bersama.

“Tinggal hitungan jam masa jabatan saya selaku Wakil Bupati Garut akan segera berakhir. Bapak, ibu, dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan, atas amanat yang telah disematkan. Atas nama pribadi dan juga keluarga, saya bersama isteri menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak, ibu semua apabila selama 10 tahun kami memimpin ada yang tersakiti, ada yang terluka, tersinggung dan tidak nyaman, maafkan kami,” ucap Wakil Bupati Garut.

Wakil Bupati Garut menyerahkan piagam penghargaan kepada SAI Study Group Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Garut menyerahkan Piagam Penghargaan kepada SAI Study Group Bandung, Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Garut, IPSM Kabupaten Garut, Neti Yuliawati SIP MSi, Lina Herlina, Imas Sri Asih SH, Iwan Ridwan, Bie Bie Bagja dan Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu atas kiprahnya dalam kegiatan P4GN, Penanganan ODGJ dan Penyandang Disabilitas.

Senada dengan Wabup Helmi, Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana, pada kesempatan itu, mengapresiasi kepada seluruh donatur yang ikut ambil bagian dalam melaksanakan kegiatan ini, sehingga kaum disabilitas di Kabupaten Garut tidak merasa sendiri, namun merasa diperhatikan oleh semua pihak.

40 unit kursi roda diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Garut dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Garut kepada penyandang disabilitas Se-Kabupaten Garut

“Penyandang disabilitas, masih perlu mendapat perhatian serta kepedulian dari semua pihak, dimana Pemerintah dan steakholder harus memastikan terjaminnya hak-hak penyandang disabilitas di tengah masyarakat. Keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam memberi perhatian kepada penyandang disabilitas sangatlah diperlukan, sehingga beban tanggung jawab tidak hanya diemban oleh Pemerintah saja. Terima kasih kepada SAI Study Group Bandung, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Bank Bjb, IPSM, Ketua DPC GANNA Cilawu dan para donatur lainnya,” ungkap Igie.

Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom

Dihadapan para tamu undangan, Igie menyampaikan bahwa pengurus GANNA tidak hanya berkecimpung dalam Sosialisasi dan Penyuluhan Bahaya Narkoba, akan tetapi kerap terlibat dalam aksi-aksi kemanusiaan lainnya, salah satunya peduli terhadap penyandang disabilitas.

Wakil Bupati Garut didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut, menyerahkan piagam penghargaan kepada tokoh masyarakat dan lembaga yang peduli masalah sosial.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman beserta isteri dr. Hani Firdiani yang menjadi Pembina DPD GANNA Kabupaten Garut selama ini. Menurut Igie, selama melaksanakan kegiatannya, banyak hal berharga dan tak ternilai yang telah diberikan oleh Helmi Budiman baik kepada DPD GANNA maupun lembaga yang dinaunginya seperti PMI, Kwarcab, Syarikat Islam (SI) dan banyak lagi. Satu hal, kata Dia, yang senantiasa diingat dari Pembina GANNA ini, yakni menanamkan rasa ikhlas, semangat gotong royong dan kebersamaan.

“Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pembina DPD GANNA sekaligus Wakil Bupati Garut atas investasi waktu dan energi dalam membina kami. Kami tahu bahwa semua sumbangsih, arahan, bimbingan, dan semangat pak Wabup yang telah membantu kami menjadi Penggiat Anti Narkoba tak bisa dinilai dengan apapun. Kami sangat menghargai banyaknya dedikasi dari bapak. Terima kasih sudah menjadi panutan dan teladan yang inspiratif bagi kami, sehingga membentuk kami menjadi individu yang lebih tangguh. Tetap bersama kami, pak. Jangan tinggalkan kami jika kelak bapak terpilih jadi Bupati Garut,” pungkas Igie N. Rukmana diikuti riuh tepuk tangan para tamu undangan.

Sementara itu orang tua Rosita asal Kecamatan Bayongbong, salah seorang penerima bantuan kursi roda mengaku sangat gembira. Dia berterima kasih kepada Wakil Bupati Garut, Yayasan SAI Study Group Bandung, DPD GANNA Kabupaten Garut dan IPSM Kabupaten Garut yang telah menyerahkan bantuan tersebut.

“Alhamdulillah saya sangat senang. Terima kasih Pak Wakil Bupati sudah peduli terhadap kondisi anak saya. Terima kasih atas bantuan ini,” katanya.

Kegembiraan yang sama juga disampaikan Muhamad Rizal dari Kecamatan Malangbong. Saat menerima bantuan kursi roda, matanya terlihat berkaca-kaca karena terharu dalam hidupnya baru bertemu dengan Wakil Bupati Garut.

“Terima kasih Pak Wakil Bupati. Saya terharu dan sangat bahagia. Saya kembali bersemangat setelah bertemu dengan Pak Wakil Bupati ini. Saya sangat senang sekali, sudah lama mengimpikan kursi roda agar dapat beraktivitas dan tidak hanya duduk di dalam rumah,” ujar Rizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *