Buka Kejuaraan Renang Tingkat Provinsi di Akuatik Talaga Bodas, Ini Harapan Bupati Garut

FOKUS548 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara resmi membuka kejuaraan renang di Sarana Olahraga Raga Akuatik Talaga Bodas, Tarogong Kidul, Sabtu (28/10/2023). Kejuaraan ini meliputi West Java Swimming Championship Series 2023, West Java Swimming Short Course for Kids Serie IV, dan Kejuaraan Renang Piala Bupati Garut Tahun 2023.

Turut hadir dalam acara, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, Sekretaris KONI Jawa Barat, Gianto Hartono, Ketua Akuatik Indonesia Provinsi Jawa Barat, Verdia Yosep, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, Ketua KONI Kabupaten Garut, Dr Ir H Abdusy Syakur Amin M Eng, Ketua Akuatik Indonesia Kabupaten Garut, Agus Ismail, dan para tokoh olahraga.

Dalam sambutannya, Rudy Gunawan menekankan pentingnya menjadikan Akuatik Talaga Bodas sebagai tempat pelatihan atlet renang berskala nasional dan internasional. Ia juga menyoroti standar internasional yang telah terpenuhi oleh sarana tersebut. Bupati Rudy juga menegaskan perlunya manajemen yang baik untuk kolam renang dan para atletnya.

“Orangnya itu dilatih dengan baik, gizinya dengan baik, tekniknya harus dengan baik,” ujarnya.

Guna memenuhi semua itu kata Rudy, pihaknya menyiapkan anggaran melalui APBD. Sedangkan untuk pemeliharaannya saat ini ditanggung oleh Dispora Kabupaten Garut dengan anggaran mencapai Rp300 juta per tahun. Ia berharap ada pihak swasta yang berminat mengelola arena ini untuk menjaga kualitasnya. Ia juga berencana memprioritaskan pembelian water heater untuk mempertahankan suhu air sesuai standar.

“Jangan sampai ada keluhan oh di sini airnya dingin, padahal katanya tadi harus 25-28 derajat celcius, saat ini 18-20, jadi masih di bawah standar, jadi ini terlalu dingin, harusnya 25-28 derajat celcius,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Akuatik Indonesia Provinsi Jawa Barat, Verdia Yosep, menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan kolam renang internasional. Ia menyebut Sarana Akuatik Talaga Bodas sebagai salah satu yang terbaik dan termegah di Indonesia.

Yosep berharap, sarana ini mampu melahirkan prestasi terbaik atlet Jawa Barat untuk PON 2024 dan bahkan ke Olimpiade 2032. Kolam renang Talaga Bodas kata dia, menjadi lokasi seri terakhir atau seri ke-IV dalam West Java Swimming Championship Series 2023, di mana seri-seri sebelumnya telah dilaksanakan di Bekasi, Cirebon, dan Kota Bandung.

“Ya tujuannya kita ingin mengembangkan, harapan kita nanti Jawa Barat akan melakukan sentralisasi di Garut, karena Jawa Barat ditunjuk menjadi daerah sentralisasi untuk pengembangan akuatik menuju Olimpiade tahun 2032,” harapnya.

Sementara, Ketua Akuatik Indonesia Kabupaten Garut, Agus Ismail menjelaskan, bahwa event tersebut diikuti oleh 993 atlet dari 68 klub renang se-Jawa Barat, dengan 4.393 nomor pertandingan. Ia juga menegaskan bahwa kejuaraan tersebut akan menjadi agenda tahunan di Sarana Akuatik Talaga Bodas.

“Kami akan senantiasa menjaga legacy dengan menjadikan tempat ini sebagai sarana kami mengukir prestasi sampai tingkat dunia, insya Allah,” kata Agus.

Terpisah, Tazkia Ramadhani (13), pemenang West Java Swimming Championship Series 2023, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang diraihnya di kategori umur 13 dari Klub Junior Aquatic Sport Garut, mengungkapkan, bahwa dirinya merasa senang bisa menjadi Juara 1 Women Kategori Umur 13 400 LC Meter Gaya Bebas.

Ia mengatakan jika dirinya menyukai olahraga renang ini sejak kecil. Bahkan, dirinya pun sudah mengikuti beberapa lomba renang seperti di Jakarta dan Bandung.

“Seneng banget (bisa) meraih prestasi, latihannya rajin di sini (Arena Akuatik Talaga Bodas), (seminggu) 6 kali (latihan),” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *