Dinilai Turut Merawat Seni Budaya, Pengurus PPLB Serahkan Piagam Penghargaan kepada Kades Karyamukti Cibatu

FOKUS772 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinilai telah ikut merawat seni budaya dan memberikan dukungan pada event Festival Pencak Silat Seni dan Tradisi Piala Wakil Bupati Garut yang digelar pada 13-17 Desember 2022, Pengurus Perguruan Pencak Silat Pusaka Payung Lodaya Bodas (PPLB) memberikan Piagam Penghargaan kepada Kepala Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu.

Piagam diserahkan langsung oleh Pendiri PPLB, Atep Fachrudin, didampingi Ketua PPLB, Dodi, kepada Widya Heru Kartika SE yang menjabat sebagai Kepala Desa di wilayah tersebut, Senin (26/12/2022) di Kantor Kepala Desa Karyamukti, Jalan Cibatu-Bandrek, Kecamatan Cibatu.

Pada kesempatannya, Ketua PPLB menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kades Karyamukti yang telah ikut memberikan bantuan dan partisipasi nyata kepada pengurus dan 13 pesilat PPLB saat festival digelar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Karyamukti yang telah turun berperan aktif dalam mengangkat budaya pencak silat khususnya yang ada di Kecamatan Cibatu. Saya berharap agar olahraga pencak silat ini makin mendapat perhatian dari semua pihak dan perlu juga sponsor agar pembinaan olahraga tidak mengalami kendala dalam hal pendanaan dan penyediaan sarana-prasarana serta faslitasi yang diperlukan,” ungkap Dodi.

Sementara, Kepala Desa Karyamukti, Widya Heru Kartika, berharap seluruh pesilat tidak meninggalkan empat aspek utama olahraga yaitu aspek mental spiritual, seni budaya, bela diri dan olahraga.

“Karena empat aspek tersebut memiliki makna, yakni aspek mental spiritual bermaksud agar pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang yang diperoleh dari kedekatannya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Aspek seni budaya menegaskan bahwa pencak silat lahir dan berkembang seiring dengan tumbuh dan berkembangnya  seni budaya masyarakat,” ungkap Kades Karyamukti.

Selanjutnya, kata Heru, aspek bela diri. Dari aspek ini diharapkan ada kepercayaan dan ketekunan diri melahirkan pribadi yang kokoh dan siap berhadapan dengan berbagai situasi yang mengancam keselamatan jiwa dan raga.

“Terakhir aspek olahraga, ini penting karena perlu ada sebuah kejuaraan sebagai wahana uji kemampuan, sekaligus sebagai sarana pendidikan membangun sikap mental dan karakter anak bangsa. Saya berharap kepada pengurus PPLB agar olahraga pencak silat ini dimasyarakatkan secara luas kepada generasi muda dan peminat pencak silat lainnya,” harapnya.

Heru mengaku bangga dan berbahagia saat menerima penghargaan yang ditandatangani oleh Pembina PPLB, Ketua IPSI Kabupaten Garut dan Wakil Bupati Garut. Diharapkan hubungan baik dan ikatan tali sulaturrahmi ini terus terjalin dengan baik.

“Terima kasih penghargaannya. Semoga menjadi motivasi buat kepala desa yang lain untuk selalu menggali dan mensupport potensi daerah khusunya dalam rangka melestarikan seni dan dan budaya. Sekali lagi terimakasih atas penghargaannya. Saya yakin, IPSI Garut memprogram dengan baik event-event atau kejuaraan yang bisa digelar dan diikuti oleh atlet silat untuk meningkatkan prestasi dan melahirkan bibit-bibit baru agar dapat berprestasi di ajang lomba yang lebih bergengsi dan sekaligus mengharumkan nama daerah,” pungkas Kepala Desa Karyamukti. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *