Tanah Longsor Putuskan Jalan di Banjarwangi Garut, Kapolsek Amir : Kami Terus Siaga

FOKUS888 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Hujan deras pada Jumat (15/07/2022) malam mengakibatkan tanah longsor yang mengancam satu ruas jalan raya terputus di beberapa titik wilayah di Kecamatan Banjarwangi.

Kapolsek Banjarwangi Resor Garut, Iptu Amirudin Latif SH mengatakan, meski lokasi longsor berada jauh dari pemukiman penduduk namun lokasinya merupakan tebing di sisi sebuah jalan desa.

“Longsor mengikis beberapa meter bahu jalan diantaranya di jalan Lawang Angin, Lemah Duhur, Lengkong Kecamatan Banjarwangi. Sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Kami terus siaga disemua lokasi longsor,” jelas Kapolsek Banjarwangi kepada awak media.

Menurut Amir, kondisi pasca-longsor cukup membahayakan pengguna jalan karena bagian yang longsor mengikis bahu jalan hingga batas aspal jalan. Dalam kejadian tersebut, kata Kapolsek Banjarwangi, tidak ada korban jiwa, sampai dengan pukul 23.00 WIB masih dilakukan penyingkiran material longsoran.

“Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh kami beserta anggota yakni melaksanakan cek TKP, membantu evakuasi, menyingkirkan material longsoran dan melaksanakan pengaturan lalu lintas,” tandasnya.

Selain membahayakan pengguna jalan terutama di waktu malam, kata Amir, potensi longsor susulan sangat besar karena hujan masih juga belum reda dan pihaknya masih berjaga di semua lokasi tempat terjadinya longsor.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pengamanan darurat dengan memasang penahan tanah darurat untuk menyelamatkan jalan tersebut.

“Potensi hujan deras masih sangat besar ke depan. Yang bisa kami lakukan adalah menyediakan sesek atau bronjong penahan tanah untuk antisipasi,” ujarnya.

Kata Satria Budi, pemasangan bronjong ditujukan untuk menyelamatkan jalan agar tidak terputus jika terjadi lagi hujan deras. (Gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *