Pemdes Padaawas Pasirwangi Apresiasi Respon Cepat Anggota DPRD Garut F-PDI Perjuangan

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,117 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Anggota DPRD Garut Fraksi PDI-Perjuangan, Yudha Puja Turnawan, tinjau langsung korban kebakaran di Kampung Cintasari RT 02/02 Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Minggu (10/02/2022) sore.

Kedatangan Yudha, sebelumnya diberitahu Camat Pairwangi adanya empat keluarga warga Desa Padaawas yang musibah kebakaran.
untuk menyampaikan belasungkawa, turut menguatkan juga kepada keluarga korban yang mana akibat kebakaran tersebut, 4 Kepala Keluarga menjadi korban.

Anggota DPRD Garut, Yudha Puja Turnawan saat tinjau lokasi kebakaran di Padaawas Pasirwangi

Kemudian lanjut Yudha, menyampaikan juga kepada pemerintah setempat agar segera berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Karena ada bantuan bahan material untuk korban musibah kebakaran dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim). kemudian SKPD lainnya, ada bantuan sembako, peralatan masak, baju dan lainnya,” terang Yudha.

Selain ke dinas terkait sambung Yudha, ia juga meminta pemerintah desa membuat proposal juga ke Baznas atau lembaga kemanusiaan lainnya.

“Saya menyampaikan rasa belasungkawa kepada ke empat keluarga, yang mana saya merasa punya kewajiban untuk menengok para korban. Apalagi di bulan Ramadhan yang seharusnya mereka khusyu memjalankan ibadah puasa, tapi mereka malah mendapatkan musibah,” ucap Yudha, usai menyerahkan santunan uang tunai dan paket sembako kepada korban.

Yudha berharap, solidaritas sesama lebih ditingkatkan untuk membantu para korban. Selain sembako dan uang tunai yang diberikan kepada korban, Yudha juga menyebutkan, akan membantu juga dalam bentuk bahan material rumah.

“Barusan kesepakan RT dan RW, rekontruksi bangunan akan menggunakan Hebel yang kebutuhannya sekitar enam sampai tujuh kubik,” terangnya.

Yudha juga menyebutkan akan turut menyumbangkan satu kubik Hebel. Harapannya dari Dinas Perkim Garut difokuskan untuk pengadaan Hebel, karena kalau kayu lagi akan memakan biaya yang besar.

“Saya harap pemerintah daerah untuk sigap memberikan perhatian, terutama ini ibu Irah yang lansia yang paling parah. Kalau bisa sebelum lebaran bulan Ramdhan ini bisa punya tempat tinggal lagi,” harapnya.

Salah satu korban, Mak Irah (70), janda lansia ini menyampaikan ucapan terima kasih atas respon cepat dari Anggota DPRD Garut, Yudha Puja Turnawan.

“Hatur nuhun pak dewan Yudha, atos dibantos sanes kantena, Alhamdulillah pisan, nuhun-nuhun (terima kasih pak dewan Yudha, sudah membantu segalanya, Alhamdulillah sekali, terima kasih-terima kasih),” tutur Mak Irah.

Mewakili Kepala Desa Padaawas Ucu Suryana, Sekretaris Desa Heru Rohimat, menyapaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Anggota DPRD Garut Fraksi PDI-Perjuangan, Yudha Puja Turnawan yang respon cepat turut membantu para korban.

“Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih sekali kepada pak Dewan Yudha yang sangat peka sekali terhadap bencana ini, mudah-mudahan bantuan ini meringankan beban para korban,” tutur Heru.

Heru juga mengatakan, akan menindaklanjuti ke dinas terkait, dan diharapkan warganya yang menjadi korban musibah kebakaran, bisa mendapat bantuan, baik dalam bentuk materi, sembako ataupun untuk pembangunan rumah kembali.

Menurutnya, kronologis kejadian diduga dari korsleting arus pendek listrik, karena melihat waktu kejadian sekitar pukul 14.00 WIB, belum ada aktivitas memasak.

“Api bermula dari rumah ibu Irah yang kemudian merambah ke yang lainnya. Kami bersama warga berupaya memadamkan api termasuk juga dari Dinas Damkar Garut,” kata Heru.

Saat ini, lanjut Heru, para korban dievakuasi di rumah warga sekitar dan untuk Ibu Irah sementara di rumah anaknya. Ia juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati, karena sekecil apa pun kejadian yang mengakibatkan kerugian apalagi membahayakan jiga, harus cepat tanggap dan pemerintah desa juga selalu siaga. (MAS-Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *