Jelang Ramadhan, Ini Pesan Bupati Garut kepada ASN

FOKUS565 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Menjelang bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, Bupati Garut Rudy Gunawan, mengajak kepada seluruh umat muslim di wilayah Kabupaten Garut, untuk bersama-sama menjalankan ibadah puasa sesuai dengan syariat Islam.

“Bagi umat Islam, dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan amalan ibadah pada bulan Ramadan. Seperti, melaksanakan salat tarawih, itikaf, tadarus Al Qur’an, pengajian, zakat, infak, sedekah, dan memberikan wakaf,” kata Bupati Garut, Sabtu (02/04/2022).

Adapun mengenai aktivitas buka bersama (Bukber), menurut Rudy, pada bulan Ramadan 1443 Hijriah ini, Pemkab Garut sudah memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan Bukber dan sahur bersama. Alun-Alun Garut pada bulan ramadhan akan mulai dibuka, pemilik warung makan juga mulai pukul 16.30 WIB diperbolehkan menjajakan dagangannya, dengan catatan semua harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Saat ini kasus Covid-19 memang terlihat terus melandai, namun demikian, dalam menjalankan ibadah puasa warga harus tetap waspada, dengan tetap disiplin menjalankan  protokol kesehatan. Kegiatan vaksin barusan kata Ketua MUI tidak membatalkan puasa, makanya kita akan terus melaksanakan vaksinasi selama bulan ramadhan,” beber Rudy Gunawan.

Namun, lanjut Rudy, khusus kebijakan buka bersama hanya berlaku bagi masyarakat biasa saja, soalnya khusus untuk para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) masih dilarang untuk mengadakan ataupun menghadiri kegiatan Bukber.

“Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1443 H menegaskan, seluruh ASN dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan Bukber dan sahur bersama,” ujar Bupati Garut.

Rudy juga mengimbau kepada seluruh umat beragama di daerahnya agar menjaga toleransi terutama saat umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan.

“Kita mengimbau kepada semua umat beragama tetap memelihara sikap toleransi supaya rekan-rekan yang menjalankan ibadah puasa dapat menjalankannya dengan suasana aman tenteram, dan khitmat, ” pungkas Bupati Garut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *