Desa Bayongbong Masuk Nominasi Pelaksana Gotong Royong Masyarakat Terbaik Tingkat Kabupaten Garut tahun 2022

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,526 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, melakukan penilaian lomba pelaksana rerbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kabupaten Garut tahun 2022, yang diikuti oleh 9 desa dari 9 kecamatan se-Kabupaten Garut, Jum’at (18/02/2022).

Salah satu nomonasi dari 9 desa yang dilakukan penilaian adalah Desa Bayongbong, yang mewakili Kecamatan Bayongbong. Tim penilai yang dipimpin Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan Desa (Kabid LKD) DPMD Garut, Asep Jawahir, S Sos M Si. Sebelumnya, tim penilai telah menerima hasil verifikasi laporan swadaya murni masyarakat Desa Bayongbong yang dilaporkan ke tingkat kabupaten tahun 2021. Penilaian yang digelar di Gor Desa Bayongbong, dihadiri juga oleh unsur Forkopim Kecamatan Bayongbong, perangkat desa dan kelembagaan desa Bayongbong.

Menurut Asep Jawahir, tujuan pelaksanaan lomba diantaranya dalam rangka penguatan kelembagaan, peningkatan partisipasi dan swadaya masyarakat.

“Pelaksanaan lomba juga sebagai sarana evaluasi atas pelaksanaan kegiatan pembangunan dan tentu saja sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kepada masyarakat atas usaha untuk menjaga dan melestarikan budaya gotong-royong ini,” ujar Asep.

Adapun, lanjut Asep, indikator yang menjadi instrumen penilaian peran Lembaga Kemasyarakatan Desa dan variabelnya terdiri dari Bidang Kemasyarakatan, Ekonomi, Sosial dan Agama serta Lingkungan.

Masing-masing tim penilai memberikan penilaian harus sesuai dengan kenyataan dan data dukung,” jelas Asep Jawahir.

Sementara, Kepala Desa Bayongbong, Agus Nazar, menyampaikan rasa bangga karena berkat dukungan masyarakatnya, Desa Bayongbong dapat mewakili 17 desa lainya sebagai nominator lomba tingkat Kabupaten Garut.

Pihaknya pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena dengan adanya lomba, ini memberikan semacam suntikan motivasi bagi Desa Bayongbong untuk menjadikan semangat gotong-royong sebagai modal memajukan wilayahnya. Juga sebagai sarana untuk mengevaluasi ke dalam baik dalam aspek penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan.

Masyarakat disini sangat mandiri dan aktif dalam berbagai kegiatan yang peduli terhadap lingkungan.  Secara swadaya, masyarakat berupaya menata lingkungan pemukimannya menjadi aman dan nyaman,” ujar Agus Nazar.

Pantauan media, dilokasi hadir Ketua tim penilai lomba sekaligus Kepala Bidang LKD DPMD Garut Asep Asep Jawahir S Sos M Si, didampingi tim penilai dari dinas lain diantaranya Yudi Juliandi SH MH, Yan Handayana SE, Daris Faozi S Pd I, dan Hj. Ina Mariana dari DPMD. Kemudian Mohamad Dadang Ruslan S Sos M Si, dari Adkesra Setda, Hani Juliani S ST M Kes dari Dinas Kesehatan, dan Euis Rohayati darti TP. PKK Kabupaten.

Berikut, peserta lomba Pelaksana terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kabupaten Garut lainnya diantaranya dari Desa Cibatu kecamatan Cibatu, Desa Cikarag Kecamatan Malangbong, Desa Kersamanah Kecamatan Kersamanah, Desa Ciwangi Kecamatan BaIubur Limbangan, Desa Pancasura Kecamatan Singajaya, Desa Karamatwangi Kecamatan Cisurupan, Desa Pasirwangi Kecamatan Pasirwangi dan Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang. (Adam B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *