Pemdes Wanajaya Wanaraja Garut, Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Satuan Perlindungan Masyarakat

HARIANGARUTNEWS.COM – Bertempat di Objek Wisata Talaga Bodas, Pemerintah Desa (Pemdes) Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, menggelar pelatihan penguatan tanggap bencana dan satuan perlindungan masyarakat Tahun Anggaran 2021, Jum’at (24/12/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan tanggap bencana, juga mewujudkan suasana yang aman dan kondusif di setiap Lingkungan sekitar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimcam Wanaraja, BPBD Garut, jajaran Polsek dan Koramil 1103, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta peserta pelatihan yakni para Ketua RT, RW dan Linmas Desa Wanajaya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Wanajaya Iip Firman Nurdin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan tanggap bencana dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk mengatasi hal-hal bisa menggangu Kamtibmas di Desa Wanajaya.

“Ini dalam rangka penguatan tanggap bencana dan penguatan satlinmas, demi terciptanya suasana aman dan kondusif di tengah masyarakat,” ungkap Iip.

Iip berharap anggaran untuk penguatan Linmas ini Pemerintah Daerah lebih peka, karena dari APBD sangat minim, dan tentunya itu menjadi tanggungjawab juga Pemerintah Desa Wanajaya.

“Ya APBD sangat minim untuk hal seperti ini, perlu adanya support untuk hal seperti penguatan tanggap bencana, juga Linmas, dan ini menjadi PR bagi kita semua,” ujarnya.

Selaku Kepala Desa Wanajaya, ia tetap optimis, Ikhlas, mengayomi masyarakat, demi terciptanya masyarakat yang sehat, sejahtera, aman, dan sentosa, tukasnya.

Sementara Camat Wanaraja Mia Herlina S STP M Si, dalam sambutan pembukaan pelatihan mengatakan, sangat apresiasi kepada Desa Wanajaya yang inovatif dan kreatif telah melaksanakan pelatihan kapasitas Satlinmas, walaupun dengan angaran minim dan terbatas. Namun, lanjut Mia, dengan bisa menggandeng para agnia yang ada di Desa Wanajaya, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar, sukses, aman dan kondusif.

Diharapkan, sambung Mia, dengan pelatihan Satlinmas tersebut menjadi salah satu pilar dalam pertahanan rakyat semesta di era sekarang, ditugaskan pemerintah melalui Mendagri membantu pemeritah dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, salah satunya dalam penanggulangan bencana, Linmas berada di barisan terdepan.

Camat meminta seluruh anggota Linmas mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir kegiatan, sebab dari sembilan desa di Kecamatan Wanaraja hanya Desa Wanajaya yang melaksanakan pelatihan Satlinmas di Kawah Telaga Bodas.

“Saya minta seluruh anggota Linmas bisa mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Sebab pelatihan ini sangat penting untuk Linmas,” tandas Camat Mia.

Dikatakan Mia Herlina, pembekalan dan pelatihan tersebut untuk menumbuh kembangkan kapasitas Linmas, dan lagi selain pembekalan di bale desa, seluruh anggota Linmas akan digembleng di Kawah Telaga Bodas. Anggota Linmas akan dilatih baris berbaris, upacara, memasang tenda, jurit malam hingga out bond.

“Mereka selain mendapat pembekalan ilmu pengetahuan juga digembleng mengatasi cara penangan bencana dan berbagai persoalan di masyarakat,” pungkas Camat Mia. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *