Respon Cepat Laporan Kasus DBD di Sukaresmi, Puskesmas Sukamulya Garut Lakukan Fogging

HARIANGARUTNEWS.COM – Puskesmas Sukamulya dan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dan dibantu unsur tiga pilar desa melakukan fogging (pengasapan) di Kampung Parabon, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, pada Rabu (15/12/2021).

Kepala Puskesmas (Kapus) Sukamulya, Wawan SKM, kepada hariangarutnews.com mengatakan, pihaknya menerima lapooran dari warga masyarakat setempat dan diperkuat laporan dari Kepala Desa Sukaresmi dan Sukamulya, bahwa di daerah tersebut ditemukan beberapa warga yang terjangkit penyakit Demam Berdara Dengue (DBD).

“Hasil investigasi team dari Puskesmas Sukamulya oleh dr Arum dan Surveilens serta Promkes ke lokasi tersebut, ternyata di daerah itu terdapat beberapa lokasi yang banyak jentik nyamuk yang dimungkinkan sebagai sarang nyamuk,” ujar Kapus Wawan.

Sehingga, lanjut Wawan, dirinya dengan cepat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bidang Pengendalian Penyakit (P2) untuk menindaklanjuti hal tersebut.

“Syukur Alhamdulillah pada hari ini, saya didampingi oleh Kepala desa Sukaresmi, Kepala Desa Sukamulya, Babinsa dan Babinkamtibmas bersama team dari Dinkes untuk melaksanakan poging atau pengasapan di kampung Parabon Desa Sukaresmi dan di Ponpes Salaman Desa Sukamulya,” paparnya.

Hal ini dilakukan guna memberantas nyamuk, dengan harapan penyakit DBD tidak menyebar luas ke wilayah lain. Juga tidak lupa, imbuh Wawan, pihaknya mengadakan edukasi kepada warga masyarakat sekitar tatacara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSM) dengan cara 3M, yakni Menguras, Menutup dan Mengubur,” kata Kapus Sukamulya. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *