Tinjau Koperasi Sentra Kopi Garut, Wakil Bupati : Kita Butuh Indikasi Geografis

FOKUS873 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, tinjau kreatifitas petani dan pedagang di lokasi Sentra Kopi Garut, Koperasi Sari Buah Kopi, di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Senin (09/08/2021)

“Alhamdulillah ya, ini bagian daripada kreatifitas masyarakat untuk membangkitkan ekonomi dimasa pandemi,” ucap Helmi Budiman.

Helmi mengatakan, ia sangat apresiasi dengan melihat langsung lokasi penanaman dan pengolahan kopi tersebut.

“Ada beberapa yang sudah tumbuh bagus dipenanaman, kemudian di pengolahan juga luarbiasa, dengan berbagai rasa, dengan peralatan yang ada dan tentu ini perlu disempurnakan,” paparnya.

Namun, lanjut Helmi, ada kekurangan dan para petani dan pedagang mengusulkan, yakni semacan Indikasi Geografis (IG). Dan tentunya ini sangat diperlukan untuk memudahkan pemasaran kopi di nasional dan internasional.

Jadi nanti, imbuh Helmi, mudah-mudahan di daerah Cikajang dan Cisurupan ke arah selatan itu, punya IG tersendiri, sehingga diakui dan ini akan memudahkan untuk memasarkan kopi, karena untuk masalah rasa dan aroma, kopi Garut ini banyak yang suka.

“Semua rasa yang ada, kopi Garut ini sangat banyak disukai para penikmat kopi. Saya juga tadi mencoba, aromanya, rasanya sangat saya nikmati, apalagi suasana cuaca di Cikajang ini,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *